spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Disorot Media Asing, UAS Tak Kapok Datangi Singapura Lagi

KNews – Disorot media asing, UAS tak kapok datangi Singapura lagi. Media asing menyoroti Ustaz Abdul Somad (UAS) yang disebut tidak akan kapok untuk coba datang lagi usai ‘didepak’ Singapura.

Pemerintah Singapura menilai UAS sebagai tokoh ekstremis dan melakukan segregasi atau memecah belah masyarakat.

- Advertisement -

Melansir Channel News Asia, UAS menyatakan bahwa dirinya tak pernah bosan pergi ke Singapura lantaran negara itu merupakan tanah Melayu yang menurutnya mirip dengan daerah asalnya, Riau dan merupakan bagian dari kerajaan Tumasik Melayu.

Kerajaan Melayu yang dimaksud ialah Kesultanan Johor dan Kesultanan Johor-Riau. Secara rinci, Kesultanan Johor menguasai Tumasik atau Singapura sepanjang tahun 1511-1699 dan Kesultanan Johor-Riau sepanjang 1699-1818.

- Advertisement -

Sebelum akhirnya dikuasai oleh perusahaan dagang Inggris di bawah pemerintahan Thomas Stamford Raffles sejak 19 Januari 1819 M.

“Saya bosan pergi ke Singapura sama dengan mengatakan saya bosan pergi ke Minangkabau. Ini karena Singapura adalah tanah Melayu. Nenek saya punya saudara, anak, dan cucu yang tinggal di Singapura,” kata UAS, Channel News Asia mengutip komentar UAS dalam video di Youtube.6

- Advertisement -

Ustadz Abdul Somad melanjutkan, niatnya berkunjung ke Singapura baru-baru ini agar istri dan anak-anaknya mengenal leluhur mereka. Namun dirinya ditolak masuk oleh imigrasi Pemerintah Singapura di Pelabuhan Tanah Merah, Singapura. Ia mengaku petugas memisahkan dirinya dengan rombongan di suatu ruangan.

Kementerian Dalam Negeri Singapura (MHA) kemudian membenarkan bahwa mereka mendeportasi UAS lantaran UAS dianggap sebagai sosok penyiar agama yang pro ekstremisme dan bom bunuh diri.

Mengutip situs resmi Kemendagri Singapura, UAS dianggap tidak bisa diterima oleh masyarakat Singapura yang cenderung multiras dan multiagama.

Pemerintah Singapura pun menyebut UAS pernah melontarkan komentar yang merendahkan agama lain seperti Kristen. UAS juga disebut pernah mengatakan salib sebagai tempat tinggal jin kafir. (RKZ/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini