spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Dirut Waskita Umumkan Siap Garap Infrastruktur Hijau di IKN

KNews – Dirut Waskita umumkan siap garap infrastruktur hijau di IKN. Konsep infrastruktur hijau untuk mendukung perekonomian (green economy) menjadi potensi baru bagi perusahaan konstruksi. 

Direktur Utama PT Waskita Karya Tbk (WSKT) Destiawan Soewardjono mengatakan dalam beberapa tahun terakhir perusahaan telah mempelajari untuk menggarap proyek dengan ‘cap hijau’.

- Advertisement -

“Artinya kami memilah bahan limbah recycle, kemudian bahan-bahan yang permanen. Kami terus berupaya untuk bisa diaplikasikan pada semua proyek. Kemudian di proyek gedung Waskita sudah memiliki sertifikat membangun green building dan beberapa sudah kami terapkan,” kata Destiawan dalam CNBC Indonesia Green Economic Forum, Selasa (28/6/2022).

Konsep hijau dan keberlanjutan pada infrastruktur bisa membawa potensi baru, dan menjadi fokus pemerintah.

- Advertisement -

Dia mencontohkan pada proyek Ibu Kota Nusantara (IKN), infrastruktur di dalamnya difokuskan memiliki konsep hijau dari sisi proses hingga hasil akhir.

Konsep ini pun menurutnya bisa diterapkan untuk jangka panjang, seiring dengan peningkatan green economy dan perubahan lingkungan. Saat ini Waskita pun memiliki beberapa proyek di Sumatra Utara dengan konsep hijau dan menjadi pintu masuk.

- Advertisement -

“Proyek ini adalah yang terkait dengan pemanfaatan alam, jadi renewable energi dan ini saat ini dalam pekerjaan persiapan dan desain termasuk financing-nya. Ini menjadi entry buat kami untuk pembangunan infrastruktur dengan kriteria green dan menggunakan alam atau renewable energy untuk jangka panjang,” jelas Destiawan.

Perusahaan mencatatkan kontrak baru hingga Mei 2022 mencapai Rp 8 triliun. Perolehan ini setara 25% dari target kontrak tahun ini senilai Rp 38 triliun.

Perusahaan juga menggarap beberapa proyek IKN yang menjadi salah satu penopang dan mengejar proses tender yang akan dimulai Juli mendatang. (RKZ/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini