spot_img
Jumat, Mei 17, 2024
spot_img

Dirut BSI Sebut Pasar Valas Syariah RI Masih Tertinggal

KNews.id –  Ketua Umum Asosiasi Bank Syariah Indonesia sekaligus Direktur Utama BSI, Hery Gunardi mengatakan instrumen pasar uang valas syariah di Indonesia masih tertinggal atau rendah dibandingkan dengan rupiah.

“Di perbankan syariah valas ini belum sekuat yang ada di rupiah, pengembangan produk lindung nilai syariah serta pasar uang syariah melalui mekanisme bursa komoditi,” ujar Hery dalam dalam Business and Financing Deals ISEF 2023, Jumat 27 Oktober 2023.

- Advertisement -

Hery mengatakan, diperlukan sinergi dan kolaborasi antar regulator dan industri perbankan syariah untuk menciptakan produk dan mekanisme baru dalam pasar uang syariah valas.

Dalam hal ini, Bank Indonesia (BI) sebagai regulator telah banyak memberikan dukungan terhadap pengembangan pasar uang syariah. Diantaranya melalui sinergi penguatan kebijakan makroprudensial.

- Advertisement -

Kebijakan tersebut, yakni melalui pengembangan alternatif instrumen operasi moneter, diantaranya instrumen SukBI (sukuk BI), pengelolaan likuiditas berdasarkan prinsip syariah, serta instrumen pasar uang antara bank syariah dalam bentuk SiPA (sertifikat pengelolaan dana berdasarkan prinsip syariah).

“Melalui sinergi penguatan kebijakan makroprudensial, pengembangan alternatif instrumen pada operasi moneter syariah, melalui SukBI, pengelolaan likuiditas berdasarkan prinsip syariah serta pada instrument pasar uang antara bank syariah dalam bentuk SiPA, telah memberikan beragam keberagaman pada transaksi pasar uang syariah yang ada di industri saat ini,” pungkasnya.

- Advertisement -

Sebagai informasi, tercatat pembiayaan syariah secara konsisten terus tumbuh dalam dua digit, yakni mencapai 14,69 persen yoy pada September 2023, terutama didorong oleh permintaan pembiayaan dari pelaku usaha seiring tren pemulihan ekonomi nasional. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini