spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek: Film G30S/PKI Menyebarkan Kebohongan dan Kejahatan di Lubang Buaya

KNews.id- Film G30S/PKI menyebarkan cerita bohong kejadian kejahatan di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

“Sebab, film yang diputar tiap tahun itu menyebarkan cerita bohong tentang kejahatan di Lubang Buaya,” ujar Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, 30 September 2012 dikutip dari Tempo.

- Advertisement -

Dengan target generasi muda, menurut dia, lewat film G30S/PKI ini Orde Baru berhasil menemukan cara yang efektif untuk menanamkan kebencian terhadap PKI.

“Yang dengan sendirinya menambah kuat legitimasi Soeharto,” katanya.

- Advertisement -

Dikutip dari Tempo, Sulami, seorang bekas anggota Gerwani, organisasi underbouw PKI, contohnya, menyangkal ada anggota kelompoknya yang menari-nari di Lubang Buaya sewaktu para jenderal dibawa ke sana, seperti yang digambarkan dalam film itu. Sulami bahkan menolak disebut terlibat dalam gerakan penculikan itu.

Film Pengkhianatan G30S/PKI akan ditayangkan di dua stasiun televisi nasional, tvOne dan MNC TV dalam waktu dekat.

- Advertisement -

Melalui laman resminya, MNC TV akan menayangkan film tersebut pada Selasa, 29 September 2021 pukul 19.30 WIB.

Sementara, tvOne akan menayangkan film Pengkhianatan G30S/PKI pada Rabu, 30 September 2021 pukul 21.00 WIB. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

14 KOMENTAR

  1. Sangat lucu seorang menteri, menristek pula, berkomentar soal sejarah dan menuduh ada kebohongan. Tanpa berani menyebut dimana letak kebohongannya. Menulis buku atau seminar terbuka utk dikonfrontir dengan nara sumber, bahkan saksi2 yang masih hidup.

    Soal gerwani menari2 dalam film itu bukan termasuk kebohongan. Dalam film pasti ada dramatisasi, perumpamaan2. Kalau mau konfrontir film itu substansi ceritanya, jgn efek dramatisasi.

  2. Anggota “Jancuk” (Jaringan Anak Cucu Komunis) ada 20jt-an, mnrt pengakuan Ribka Tjiptaning ada di dlm PDIP. Skrg mrk sdg berkuasa dan masuki seluruh instrumen kekuasaan.

  3. setaraf Dirjen ga ngerti sejarah, walaupun postingan tahun yg lama, sebaiknya yg sepertinya ga usah ditampilkan kembali, bisa mempolarisasi generasi sekarang yg tdk mengalami bahayanya ideologi komunis yg pernah menorehkan sejarah kelam Bangsa ini

  4. Hilmar Farid…anda seorang dirjen apakah anda waras? Tidak pantas anda ngomong seperti itu kalau anda waras dan bukan siapa2, yg akan memutar balikan peristiwa pemberontakan PKI adalah PKI sendiri, seharusnya anda pindah ke negara komunis aja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini