spot_img
Jumat, Mei 3, 2024
spot_img

Diresmikan 1 Oktober, Kereta Cepat Jakarta-Bandung Mulai Uji Coba September 2023

KNews.id – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai beroperasi secara komersil 1 Oktober 2023. Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, namun tanggal operasional ini bisa saja berubah lantaran Kemenhub harus melihat kesiapan KCJB sebelum dioperasikan.

“Direncanakan memang 1 Oktober, namun sekali lagi kita harus uji untuk pastikan semua aspek terpenuhi. Sama sepeti LRT kan, itu kita menetapkan tanggal terus kita lihat kok rasanya persiapan harus lebih lama, bisa jadi juga demikan. Tapi sementara ini rencananya (1 Oktober),” ujar Adita di Stasiun Dukuh Atas, Jakarta, Senin (28/8/2023).

- Advertisement -

Tunggu Kereta Cepat Diresmikan Sebelum dioperasikan penuh, KCJB akan menjalani uji coba operasional terbatas dimana masyarakat bisa menjajal KCJB yang rencananya tanpa dipungut biaya alias gratis. “(Uji coba untuk umum) tentu nanti sekitar September ya. Tentu kalau asumsinya kita Oktober, mungkin minggu terakhir September itu bisa,” ucapnya. “Tapi sekali lagi tergantung dari perkembangan uji dan kesiapan sarana dan prasaranya,” tambahnya.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pada 8 September mendatang dia dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjajal KCJB. “Nanti tanggal 8 (September) Presiden akan naik. Saya tanggal 8 dengan perdana menteri suatu negara,” kata Luhut di Stasiun Dukuh Atas, Senin.

- Advertisement -

Tentunya sebelum dijajal Presiden, kesiapan KCJB akan dipastikan terlebih dahulu. “Nanti akan kami coba cek tanggal 6 mestinya semua oke,” kata dia.

Sejauh ini progres pembangunan KCJB tidak ada masalah yang berarti yang berpotensi mengganggu proyek. “Bagus, enggak ada masalah, hampir selesai,” ucapnya. Sementara untuk peresmian KCJB, dia masih belum dapat memastikan dapat dilakukan di September mendatang. “Peresmiannya nanti saya kira Presiden pengin semua nyobain dulu seperti ini ya bertahap lah,” tukas Luhut. (Zs/Kmps)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini