spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Diperkirakan, Israel Rugi USD2,14 Miliar ketika Serang Gaza

KNews.id- Akibat penyerangan ke Gaza, Palestina, sumber Al-Kaleej mencatat perekonomian Israel mengalami kerugian USD 2,14 miliar. Sebagai catatan, angka ini masih merupakan perkiraan awal. Menurut Biro Pusat Statistik setempat pada Selasa (25/5), perekonomian Israel juga mengalami kontraksi 6,5 persen pada kuartal pertama. Para pakar ekonomi memperingatkan, pertempuran Israel dan Palestina terbaru bisa menghantam pemuluhan ekonomi pasca pandemi.

Sementara itu, koran Israel Yedioth Ahronoth melaporkan, kerugian ekonomi Israel sekitar USD 37 juta per hari selama pertempuran di Gaza. Selama delapan hari serangan ke Gaza, nilai kerugian ekonomi Israel sama dengan saat 50 hari serangan yang diluncurkan di Jalur Gaza pada 2014.

- Advertisement -

Surat kabar tersebut melaporkan, 4 ribu lebih warga Israel mengajukan kompensasi karena kerusakan rumah, perabot, kendaraan, dan bangunan yang mereka alami. Pabrik, gudang barang, perusahaan, toko, dan proyek pertanian di sekitar Gaza mengalami kerugian berat karena roket yang ditembakkan Gaza.

Dikutip dari Middle East Monitor, Jumat (21/5), serangan terbaru Israel juga disertai dengan pengurangan produksi di pabrik-pabrik dan penurunan signifikan konsumsi publik. Pada serangan tahun ini. Israel meluncurkan sekitar 3.500 roket. Akibatnya, biaya yang digelontorkan senilai USD 37 juta per hari.

- Advertisement -

Kepada Jerusalem Post, pakar rudal Uzi Rubin memperkirakan biaya roket Qassam jarak pendek yang ditembakkan oleh Hamas masing-masing berkisar antara USD 300- USD 800. Selain itu, Tal Inbar, mantan ketua pusat penelitian luar angkasa Institut Fisher, memprediksi biaya untuk sistem Iron Dome, masing-masing antara USD 50.000 dan USD 100.000. (Ade/idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini