spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Diimbau BUMN Melirik Sektor Pangan

KNews.id- Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai salah satu alat negara untuk mensejahterakan masyarakat perlu concern dengan sektor-sektor vital seperti sektor pangan. BUMN perlu menjadi breakthrough bagi permasalahan pertanian dan pangan.

“Temen-temen semua sudah tau masalah pupuk, masalah perluasan lahan, masalah bibit, dan lainnya. Ini memerlukan satu momentum agar punya peran yang lebih besar dan menjadi pemain kunci pengembangan industri pangan nasional kita,” ucap Faisol Riza selaku Ketua Komisi VI DPR RI, pada acara sharing session Infobank The Best SOE 2021 di rangkaian acara Hari Santri Nasional (HSN) yang diadakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan Infobank, dengan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin, Menteri BUMN Erick Thohir, Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo, dan Eko B. Supriyanto selaku Chairman Infobank Media Group, di Jakarta, Jumat, 22 Oktober.

- Advertisement -

Ia pun yakin bahwa Presiden Jokowi dengan komitmennya terhadap bidang infrastruktur tidak akan lupa terhadap sektor pertanian karena sektor pertanian adalah sektor yang strategis. Infrastruktur yang dibangun sejatinya perlu dikembangkan untuk tujuan pengembangan sektor pertanian.

“Bahkan infrastruktur yang dibangun pun juga untuk pengembangan industri pertanian. Tetapi apakah BUMN kita cukup bisa mengambil bagian peran penting itu sebagai salah satu pilar yang mesti dimatangkan, mengingat lahan yang dimiliki oleh BUMN sangat luas,” jelas Faisol.

- Advertisement -

Maka dari itu, ia tegaskan bahwa tak boleh ada alasan bagi BUMN yang bergerak di sektor pertanian tak bisa berkembang menjadi lebih baik, tidak bisa menjadi pilar bagi pembangunan industri pangan nasional.

“Oleh karena itu, saya masih sangat berharap dalam tiga tahun terakhir di masa jabatan Menteri BUMN Erick Thohir, sektor pertanian ini bisa menjadi agenda utama untuk perbaikan dan penguatan BUMN kita. Jadi, terima kasih sudah melakukan konsolidasi di sektor maritim, syariah, dan ultra mikro, tetapi sekali lagi sektor pangan bukanlah sektor yang kecil, namun ini jadi pondasi bagi kehidupan sosial dan kemasyarakatan,” pungkasnya. (Ade/infbnk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini