spot_img
Kamis, April 25, 2024
spot_img

Didik Rachbini: Utang BUMN Ribuan Triliun tapi Dividen ke Negara Minim

KNews.id- Utang Luar Negeri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) jumlahnya terus meningkat mencapai Rp2.140 triliun di kuartal III-2020. Namun, sayangnya dividen yang diberikan ke negara dianggap masih sangat minim.

Ekonom senior Institute for Develompent of Economic and Finance (Indef) Didik J Rachbini menilai, labah yang disetorkan BUMN kepada negara tercatat sedikit. Namun di satu sisi, perseroan mencatatkan utang hingga ribuan triliun.

- Advertisement -

“BUMN ini memberikan laba ke pemerintah, utangnya ribuan triliun, setoran labanya itu seupil,” ujar Didik dalam diskusi virtual.

Dia merinci, laba paling tinggi disetor oleh PT Bank BRI (Persero) sebesar sebesar Rp 11 triliun. Kemudian PT Telkom Indonesia (Persero) senilai Rp 8 triliun. Disusul PT Bank BNI (Persero) Rp 2 triliun.

- Advertisement -

“Pupuk subsidinya Rp 30 triliun, perolehan labanya Rp 1 triliun. Jadi BUMN ini saya kira antara diperlukan dan tidak diperlukan. Diperlukannya karena dia mengeksekusi kegiatan ekonomi, tapi beban utangnya sangat banyak. Kalau BUMN diberikan mandat, main embat aja, perkara resikonya urusan belakangan. Kita siap-siap saja presiden berikutnya menerima tumpukan utang yang sangat besar,” kata dia.

Secara agregat, utang BUMN mencapai Rp2.140 triliun pada kuartal III-2020. Jumlah itu tidak saja menyangkut utang luar negeri (ULN), tapi juga terkait liabilitas yang menjadi tanggung jawab BUMN.

- Advertisement -

ULN Indonesia per akhir Januari 2021 meningkat dari posisi ULN di Desember 2020. Bank Indonesia (BI) mencatat, posisi ULN Indonesia pada periode tersebut sebesar 420,7 miliar dolar AS atau lebih tinggi dari posisi Desember 2020 yang tercatat 417,5 miliar dolar AS.

Utang itu terdiri terdiri dari ULN sektor publik atau pemerintah dan bank sentral sebesar 213,6 miliar dolar AS dan ULN sektor swasta, termasuk BUMN sebesar 207,1 miliar dolar. (Ade/Idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini