spot_img
Senin, Juni 17, 2024
spot_img

Dicecar Komisi X DPR, Kemdikbud Bakal Evaluasi soal Aturan UKT

KNews.id – Jakarta,  Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta Mendikbud Ristek Nadiem Makarim merevisi aturan Permendikbudristek Nomor 2 Tahun 2024 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT) pada perguruan tinggi. Hal ini menindaklanjuti biaya uang kuliah tunggal (UKT) yang naik serentak di berbagai universitas.

“Melalui forum yang baik ini sekali lagi karena kenaikan UKT ini terjadi di semua kampus, itu artinya semua kampus memaknai Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024 memberi peluang untuk mereka menaikkan.

- Advertisement -

Karena itu, kita minta dalam forum yang baik ini Pak Menteri untuk mempertimbangkan adanya revisi terkait dengan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2024,” kata Huda dalam rapat kerja Komisi X DPR dengan Kemendikbud di gedung DPR, Senayan, Jakarta.

Huda menekankan komitmen Nadiem untuk melakukan peninjauan ulang. Ia menilai hal ini menjadi persoalan yang luar biasa.

- Advertisement -

“Saya sendiri menyimpulkan bahwa ketika keputusan kenaikan ini telah diambil oleh rektorat berarti mungkin sudah mendapat satu persetujuan dari pihak Mendikbudristek,” ujar Huda.

“Kalau memang sudah mendapat persetujuan, kita pegang teguh komitmen Pak Menteri untuk melakukan peninjauan ulang ketika didapati berbagai persoalan kenaikan yang sangat luar biasa ini untuk dikoreksi dan dilakukan perbaikan ke depan,” sambungnya.

- Advertisement -

Huda lalu menyoroti pernyataan Nadiem yang ingin mengupayakan peningkatan anggaran Kartu Indonesia Pintar (KIP) bagi mahasiswa.

“Objektif saya yang kelima saya meminta kepada semua forum rektor pada rektor-rektor kita untuk memastikan semua keluhan yang disampaikan oleh para mahasiswa dan orang tua mahasiswa untuk direspons dan dicarikan solusi dalam rangka untuk memastikan mereka bisa kuliah menempuh jenjang kuliah ini,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Pendidikan Tinggi dan Ristek Abdul Haris menyatakan pesan dari Huda akan menjadi perhatian pihaknya. Pihaknya akan mengevaluasi masukan-masukan yang ada.

“Kalau memang dirasa tadi dalam pelaksanaannya mungkin karena banyak catatan yang disampaikan oleh Dewan tentu kami akan tinjau kembali dan juga mengevaluasi masukan-masukan,” ujarnya.

“Tadi bagaimana implementasi pelaksanaan dari Permendikbud ini di lapangan, tentu kami juga akan intensif melakukan koordinasi dan beberapa kali kami melakukan pertemuan itu dan terakhir kemarin MRPTN (Majelis Rektor Perguruan Tinggi) pun sudah mengeluarkan statement-nya bahwa UKT tidak naik dan semua bahkan MRPTN menjamin agar mahasiswa tetap punya kesempatan untuk belajar di PTN meskipun jangan sampai ada mahasiswa yang tidak memiliki kemampuan finansial gagal masuk PT (perguruan tinggi),” lanjutnya.

(Zs/Dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini