spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Dibanggakan Jokowi, Ini Progres Pabrik Tembaga Terbesar Dunia

Tony sebelumnya mengatakan, progres pembangunan smelter di Gresik pada 2022 ini ditargetkan bisa mencapai 50% atau dengan biaya yang akan dikeluarkan US$ 1,5 miliar atau sekitar Rp 22,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.900).

Proyek smelter yang mengolah 1,7 juta ton konsentrat tembaga ini ditargetkan tuntas di Desember 2023, lalu dilanjutkan dengan uji coba atau commissioning, sehingga ditargetkan bisa mulai memproduksi emas pada Mei 2024.

- Advertisement -

Menurut Tony, bila smelter baru ini beroperasi, maka artinya Indonesia akan memiliki tambahan produksi katoda tembaga sebesar 500-600 ribu ton per tahun dari saat ini 300 ribu ton katoda tembaga per tahun.

Namun demikian, dari produksi katoda tembaga yang ada saat ini saja, sekitar 50% atau sekitar 150 ribu ton masih diekspor karena tidak diserap oleh industri di dalam negeri.

- Advertisement -

Oleh karena itu, pihaknya meminta agar industri penyerap katoda tembaga di Tanah Air juga dibangun dan dikembangkan, sehingga produksi katoda tembaga dari smelter mereka bisa ikut terserap oleh industri domestik.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini