spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Di Ultahnya ke-53, Dua Tokoh Tionghoa Yap Hong Gie dan Lieus Sungkharisma Puji Pluralitas Anies Baswedan

KNews.id- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, hari ini, Sabtu (7 Mei 2022) merayakan ulang tahunnya yang ke-53. Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta itu lahir pada tanggal 7 Mei 1969 di Kuningan, Jawa Barat.

Terkait Ulang tahun gubernur DKI Jakarta itu, dua tokoh Tionghoa, Yap Hong Gie dan Lieus Sungkharisma ikut menyampaikan ucapan selamat dan berharap Anies Baswedan terus diberi kesehatan dan tetap istiqomah menjalankan apa yang sudah diamanatkan rakyat Jakarta kepadanya.

- Advertisement -

“Selamat kepada pak Anies. Semoga dengan bertambahnya umur bertambah pula kebijaksaaan dan kepeduliannya pada warga Jakarta yang beliau pimpin,” ujar koordinator Komunitas Tionghoa Anti Korupsi (KomTak), Lieus Sungkharisma, Sabtu (7/5).

Sementara itu, Yap Hong Gie menyebut Anies Baswedan adalah tokoh pluralis yang kehadirannya telah membawa tidak saja kemajuan bagi warga Jakarta, tapi juga kesejukan dalam kehidupan antar umat beragama.

- Advertisement -

“Selamat ulang tahun pak Anies. Semoga hal-hal baik yang sudah anda lakukan bisa diteruskan dan manfaatnya bisa menjangkau seluruh rakyat Indonesia,” katanya.

Menurut keduanya, selama memimpin Jakarta Anies tidak saja berhasil membangun Jakarta menjadi kota metropolitan layak huni setara dengan kota-kota besar lainnya di dunia, tapi juga berhasil merekatkan kembali simpul-simpul kehidupan bermasyarakat yang sempat terputus.

- Advertisement -

“Itu bisa dilihat dari sejumlah penghargaan yang sudah diraih Anies Baswedan selama memimpin Jakarta. Selain itu, pak Anies juga telah berhasil mengembalikan kehidupan bertoleransi pada makna yang sebenarnya. Itu dibuktikan salah satunya dengan kehadirannya meresmikan sejumlah rumah ibadah yang ada di Jakarta. Tidak hanya masjid, tapi juga gereja, vihara pula,” ujar Lieus.

Seperti diketahui, sejak tahun 2017 Anies memang tak henti menunjukkan kepeduliannya pada tempat ibadah warga Jakarta. Tahun 2017 ia meresmikan gedung gereja HKBP Semper di Cilincing, Jakarta Utara. Tahun 2021 Anies juga meresmikan Gedung Gereja Kristen Indonesia (GKI) Puri Indah, Taman Permata Buana, Jakarta Barat.

“Jadi terbantahkan anggapan yang selalu menyudutkan kalau Anies Baswedan akan membangun Jakarta sebagai kota hanya untuk umat Islam,” ujar Yap Hong Gie.

Selain itu, tambah Hong Gie, Anies Baswedan juga mendukung revitalisasi Vihara Dharma Jaya Toasebio Jakarta Barat dan meresmikan pemugaran Pura Dalem Purnajati Tanjung Puri Jakarta Utara dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan sejumlah fakta itu saja, baik Lieus Sungkharisma maupun Yap Hong Gie menyebut, sebagai Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sudah cukup syarat untuk disebut tokoh pluralis dan perekat toleransi beragama.

“Apa yang sudah dilakukan Anies Baswedan selama menjabat Gubernur DKI Jakarta, telah mematahkan hoax yang terus menerus disebarluaskan oleh orang-orang yang tak menyukainya,” tegas Yap Hong Gie.

Maka, di Ulang tahunnya yang ke-53 ini, kedua tokoh itupun berharap Anies Baswedan tetap diberi kesehatan oleh Tuhan Yang Maha Esa agar dapat terus bersumbangsih untuk bangsa dan negaranya. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini