spot_img
Sabtu, Maret 2, 2024
spot_img

Di Balik Asyiknya Wahana Skybox Taman Impian Jaya Ancol

KNews.id- Pada bulan Maret 2018, Atlantis Water Adventure di Ancol, Jakarta Utara, menghadirkan dua wahana seluncur baru yakni Dragon Race dan Sky Box. Dalam siaran persnya dikatakan mengatakan “Skybox dan Dragon Race ini berada berada di lokasi dan tower yang sama dengan Dragon Slide, sehingga pengunjung dapat menikmati tiga sensasi seluncuran yang berbeda pada satu tower tersebut. Kami berharap dengan hadirnya dua wahana baru ini akan menambah experience dan keseruan pengunjung menikmati wahana permainan di Atlantis Ancol.”

Seperti namanya, Dragon Race merupakan empat seluncur dengan panjang 116,6 meter, cocok untuk beradu kecepatan luncur dengan teman. Setiap pengunjung wajib menggunakan matras khusus yang sudah disediakan untuk berseluncur.

- Advertisement -

Tidak kalah seru ada wahana seluncur Sky Box. Pengunjung diharuskan masuk ke dalam tabung kaca kemudian pada hitungan mundur, lantai tabung kaca akan terbuka. Pada saat itu pengunjung akan merasakan sensasi jatuh bebas pada kemiringan 80 derajat dari ketinggian 14 meter. Pengunjung juga akan meluncur dengan kecepatan hingga 56 km/jam atau setara dengan lima detik di seluncuran sepanjang 78,6 meter ini.

Terkait dua wahana ini, Tim Investigator KA menelusuri bagaimana proses pengadaan. Paparan di bawah ini adalah hasil penyelusuran Tim Investigator KA berdasarkan data-data yang diterima oleh Tim Investigator KA.

- Advertisement -

PT Taman Impian Jaya Ancol pada tahun 2017 melakukan kegiatan pengadaan untuk penambahan wahana di Atlantis Water Adventure yaitu Wahana Skybox dan Dragon Race. Pengadaan Wahana Skybox dipesan dari Perusahaan PST (Asia) Ltd. sesuai kontrak Nomor 009/DIR-TIJA/VIII/2017 tanggal 4 Agustus 2017 senilai USD273,300.00. PT TIJA sudah melakukan pembayaran uang muka tahap pertama senilai USD136.650,00 yang ditransfer ke PSD (Asia) Ltd. pada tanggal 5 Agustus 2017 dan pembayaran tahap kedua senilai USD136.650,00 pada tanggal 5 Oktober 2017 dengan bukti pengeluaran kas/bank TTK Unit Nomor 2450-99.44.6 nomor urut 026. PT TIJA membuka Letter of Credit (LC) atas nama PSD (Asia) Ltd. yang diterbitkan tanggal 29 September 2017 dengan nomor dokumen kredit ILJKT06750S17.

Pengadaan Wahana Dragon Race dipesan dari Perusahaan PDT A.S. Turkey sesuai kontrak nomor 10/DIR-TIJA/VIII/2017 tanggal 4 Agustus 2017 senilai EURO300.000,00. PT TIJA sudah melakukan pembayaran uang muka tahap pertama senilai EURO135.000,00 yang ditransfer ke PDT A.S Turkey pada tanggal 5 Agustus 2017 dan pembayaran tahap kedua senilai EURO165.000,00 pada tanggal 18 Oktober 2017 dengan bukti pengeluaran kas/bank TTK Unit Nomor 2450-99.44.6 no urut 053. PT TIJA membuka Letter of Credit (LC) atas nama PDT A.S. yang diterbitkan tanggal 17 Oktober 2017 dengan nomor dokumen kredit ILJKT07188S17.

Pengadaan wahana Skybox dan wahana Dragon Race diketahui merupakan ide dari Unit Atlantis dan bagian perencanaan. Perencanaan awal pengadaan wahana tersebut hanya menyebutkan produk generic, tidak menyebutkan merek (Prosl dan Pln). Kemudian pada saat rapat BOD baru diputuskan merek Prosl dan Pln.

Dipilihnya merek Prosl dan Pln tersebut berawal dari beauty contest yang dilakukan oleh perencana dan Unit Atlantis berupa proposal tapi tidak dihadiri calon vendor. Berdasarkan proposal tersebut ada pembandingan beberapa vendor antara lain Prosl (Kanada), Whtwt (Canada), Pln (Turkey), Arhnt (India) dan Hsn (China). Perbandingkan tersebut hanya menampilkan pengalaman pengadaan dari masing-masing vendor.

Proposal yang menampilkan harga penawaram diketahui hanya proposal dari vendor Prosl dan Pln. Saat sebelum penandatanganan kontrak, diketahui pihak vendor dari Canada yang berkantor dari Hongkong dan vendor dari Turki datang ke Ancol (PT TIJA) untuk melakukan presentasi wahana milik para vendor tersebut.

Dari hasil pemeriksaan atas dokumen perencanaan secara uji petik diketahui bahwa Pengadaan Sky Box dan Dragon Race tidak terdapat dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) Tahun 2017 PT PJA. Berdasarkan keterangan GM AWA diperoleh penjelasan bahwa Wahana Skybox dan Dragon Race rencananya akan di-launching pada awal Desember 2017. Pemasangan Wahana Skybox dan Dragon Race tersebut diketahui memerlukan sarana penunjang berupa pondasi.

Dari hasil pemeriksaan atas kontrak Pengadaan Wahana Skybox dan Wahana Dragon Race dengan kontrak pekerjaan penunjang kedua wahana tersebut berupa pekerjaan pondasi Wahana Racer Slide dan Prosl Skybox yang dilaksanakan oleh CV BP dengan Surat perjanjian Nomor 0006/DIR-TIJA/AWA/XI/17 tanggal 20 November 2017 diketahui bahwa pekerjaan pondasi tersebut harus sudah selesai pada tanggal 19 Desember 2017.

Jangka waktu penyelesaian pondasi tersebut melebihi jadwal Wahana Skybox dan Dragon Race tiba di Indonesia. Dalam kontrak pengadaan Wahana Skybox dan Dragon Race diketahui bahwa Wahana Skybox harus sudah berada di pelabuhan Tanjung Priok pada tanggal 13 November 2017 dan Wahana Dragon Race tanggal 30 November 2017. Permasalahan tersebut menunjukkan bahwa Wahana Skybox dan Dragon Race berpotensi tidak dapat di-launching pada awal Desember 2017. Faktanya, dua wahana tersebut pada akhirnya baru dapat di-launching pada Maret 2018.(FT&Tim Investigator KA)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini