spot_img
Selasa, Juni 18, 2024
spot_img

Di Acara Peluncuran Pilgub Jabar, Pj Gubernur Singgung Netralitas ASN

KNews.id –  Bandung, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin menilai proses Pemilihan Gubernur Jawa Barat atau Pilgub Jabar yang diluncurkan Senin malam 27 Mei 2024, adalah sarana penguat komitmen pada demokrasi. Menurut Bey, Pemilihan Umum adalah wujud kedaulatan rakyat, dengan setiap warga negara berhak memilih pemimpin yang diharapkan bisa membawa perubahan positif dan kemajuan.

“Hari ini kita sambut momen penting Pilgub Jabar. Pemilihan ini bukan sekedar pergantian kepemimpinan, melainkan sarana memperkuat komitmen kita terhadap demokrasi, transparansi dan partisipasi masyarakat,” kata Bey dalam acara peluncuran Pilgub Jabar di Sabuga, Bandung, Senin malam 27 Mei 2024.

- Advertisement -

Lebih lanjut, Bey mengatakan dalam menghadapi Pilgub Jawa Barat, tentu masalah keamanan, ketertiban dan situasi kondusif harus diutamakan.

“Oleh karena itu saya mengajak masyarakat, penyelenggara pemilihan dan juga POLRI/TNI dan BIN untuk menjaga situasi ini, serta menghindari provokasi, kekerasan dan kecurangan,” ucapnya.

- Advertisement -

Netralitas ASN juga, lanjut dia, aspek yang penting karena aparat pemerintah harus netral, profesional, adil dan tidak memihak.

“Dan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat, gunakan hak pilih dengan bijak. Partisipasi aktif sangat penting untuk menentukan masa depan Jawa Barat,” ucapnya.

- Advertisement -

Bey juga mengajak penyelenggara Pemilu yakni KPU, Bawaslu dan juga masyarakat luas, untuk bersama-sama mengawasi pemilihan agar berjalan transparan dan akuntabel.

“Tak lupa, saya mengajak seluruh Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur beserta tim suksesnya untuk bersaing secara sehat, menjunjung tinggi etika dan norma dalam berkampanye, serta memberikan pendidikan politik yang baik kepada masyarakat. Biarlah masyarakat memilih berdasarkan program dan visi-misi yang ditawarkan, bukan karena hasutan atau berita bohong,” tuturnya.

Peluncuran Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2024, tambah dia, menandai langkah awal yang penting dalam menentukan pemimpin berikutnya, dan dengan tema “Pilgub Jabar 2024 sebagai Inisiasi Budaya Demokrasi” diharapkan menghidupkan kembali budaya sebagai bagian penting dari nilai-nilai demokrasi.

“Budaya Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh, sesuai dengan nilai demokrasi yang menghargai hak orang lain,” katanya.

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini