spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Detik-detik SBY Menjadi Komandan Upacara HUT Indonesia di Era Soeharto, 10 Tahun Kemudian Menjadi Presiden

KNews.id- Tak banyak yang tahu, sebelum menjadi pemimpin negara, rupanya Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY pernah bertugas di halaman Istana Merdeka sebagai komandan upacara HUT Proklamasi.

Nostalgia cuplikan detik-detik SBY menjadi komandan upacara itu diunggah akun @kibcentre pada Rabu (18/8), sehari setelah peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI.

- Advertisement -

Menurut keterangan @kibcentre, video yang diunggahnya itu diambil pada 1994, ketika pemerintahan berada di bawah kepemimpinan Presiden Ke-2 RI Soeharto. Di era Soeharto tersebut, SBY masih berpangkat kolonel.

Dalam video terlihat, SBY muda berseragam cokelat keabu-abuan, dengan suara lantang, memberikan komando untuk seluruh peserta upacara. Kemudian rekaman memperlihatkan Soeharto dan yang lainnya menunjukkan sikap hormat.

- Advertisement -

Pada rekaman itu, tampak upacara bendera dalam rangka HUT Ke-49 RI tersebut diikuti banyak peserta dan berlangsung khidmat. Sang narator video mengungkapkan pula, tugas sebagai komandan upacara HUT RI itu berisiko besar bagi karier militer SBY.

“Bagi beliau ini merupakan tugas sederhana, tapi berisiko besar. Karier militer beliau dipertaruhkan. Syukur akhirnya beliau berhasil memimpin upacara dengan lancar,” ucapnya.

- Advertisement -

Video kemudian diakhiri dengan potret SBY masih memakai seragam komandan upacara, lengkap dengan helem putih. “10 tahun kemudian, atas kehendak Allah SWT, beliau menjadi presiden RI,” terang @kibcentre di caption.

Cuplikan video dari era Soeharto itu pun penuh komentar pujian untuk sang komandan upacara, yang 10 tahun kemudian, yakni 2004, menjabat sebagai presiden selama 10 tahun pula dengan pangkat terakhir dalam karier TNI AD sebagai Jenderal.

“Memang keren Prestasi Pak SBY,” komentar @rad***.

“Gagah dan bertanggung jawab… itulah bapak gw SBay,” tambah @nur***.

“Dan sepuluh tahun kemudian beliau menjabat sebagai presiden selama sepuluh tahun juga Masya Allah,” ungkap @ari***.

Selain itu, @bi_*** menuliskan, “Tabarakallah,, jalan manusia tidak ada yg tau krn semua rahasia Allah,,, sehat2 Pepo, selalu semangat.”

“MasyaaAllah 10th kemudian siapa yg tau klo beliaulah yg akhirnya menjabat sebagai Presiden RI,” komentar @ari***. (Ade/wrte)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini