spot_img
Minggu, April 28, 2024
spot_img

Dengar Pendapat Publik Selesai, Mahkamah Internasional Mulai Pembahasan Kasus Genosida Gaza

KNews.id – Mahkamah Internasional (ICJ), pada Jumat (12/1/2024), mengatakan pihaknya akan memulai musyawarah setelah menyelesaikan sidang publik selama dua hari mengenai kasus Afrika Selatan yang menuduh Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

“Dengar pendapat publik mengenai permintaan indikasi tindakan sementara yang diajukan oleh Afrika Selatan dalam kasus Penerapan Konvensi Pencegahan dan Penghukuman Kejahatan Genosida di Jalur Gaza (Afrika Selatan menggugat Israel) berakhir hari ini,” ungkap pernyataan ICJ.

- Advertisement -

“Pengadilan sekarang akan memulai pembahasannya. Keputusan Pengadilan akan disampaikan pada sidang umum, yang tanggalnya akan diumumkan pada waktunya,” papar Pengadilan Top PBB itu. Afrika Selatan, yang mengajukan kasus ini pada Desember, menuduh pemerintah Israel melakukan genosida terhadap warga Palestina di Gaza.

Mereka meminta Mahkamah mengambil tindakan sementara untuk melindungi rakyat Palestina, termasuk dengan menyerukan Israel untuk segera menghentikan serangan militer. Afrika Selatan memaparkan daftar dugaan tindakan genosida yang dilakukan Israel pada hari pertama sidang pada Kamis, sementara Israel membela diri pada Jumat.

- Advertisement -

Israel telah membunuh lebih dari 23.700 warga Palestina di Gaza sejak serangan lintas batas oleh Hamas pada 7 Oktober. Kampanye militer rezim kolonial Israel juga menyebabkan pengungsian massal, kehancuran dan kelaparan.
(Zs/Snd)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini