spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Demo Mahasiswa, Media Mainstream Disebut sengaja tidak Meliput?

KNews.id- Pasca-demo BEM SI di kawasan Istana Negara pada 28 Maret 2022 lalu, beredar sebuah video yang memperlihatkan aksi unjuk rasa mahasiswa dari berbagai almamater. Video tersebut pertama kali diunggah di media sosial TikTok, kemudian seorang pengguna Facebook mengunggahnya kembali.

Terdapat narasi yang tercantum dalam video terkait. Narasi tersebut mengatakan bahwa media sengaja tidak meliput dan tidak menayangkan aksi demo mahasiswa. Berikut adalah narasi lengkap yang ada dalam video.

- Advertisement -

“Kenapa ya hal-hal kaya gini jarang nongol di tv ya ?? bukannya tv adalah jendela untuk melihat dunia ??

Saya udah trauma dibohongin terus sama tv mendingan saya lihat aja jendelanya langsung”

- Advertisement -

Setelah dilakukan penelusuran terkait pemberitaan demo mahasiswa 28 Maret 2022 untuk cek fakta, ditemukan beberapa liputan terkait aksi unjuk rasa tersebut.

Salah satunya adalah Kompas TV yang memberitakan aksi terkait dengan judul “BEM Seluruh Indonesia Unjuk Rasa di Kawasan Patung Kuda Monas, Ini Tuntutan Mahasiswa!” Liputan ini tayang di tanggal 28 Maret 2022 yang menandakan bahwa berita ini aktual.

- Advertisement -

Selain Kompas TV, media iNews juga meliput langsung situasi demonstrasi mahasiswa di lokasi. Liputan ini dapat ditemukan pada kanal YouTube iNews dengan judul “Demo Mahasiswa Tuntut Ketegasan Presiden di Kawasan Patung Kuda, Jakarta Part 02 #iNewsRoom 28/03.”

Kabar Petang tvOne juga meliput aksi demo ini yang kemudian diunggah ke kanal YouTube tvOneNews pada 28 Maret 2022 dengan judul “BEM Se-Indonesia Unjuk Rasa di Patung Kuda Tolak Presiden 3 Periode | Kabar Petang tvOne.” 

Berdasarkan hasil penelusuran tersebut, narasi yang mengatakan bahwa media sengaja tidak meliput aksi demo mahasiswa tanggal 28 Maret 2022 adalah tidak benar. Faktanya, pemberitaan terkait aksi demo ini ada di berbagai media Indonesia. (AHM/ppls)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini