spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

Salim Hutadjulu: Demo Besar di Kazakhstan Menjadi Inspirasi Gerakan Rakyat Indonesia

KNews – Demo besar di Kazakhstan menjadi inspirasi gerakan rakyat Indonesia kata Salim Hutadjulu. Demo besar Kazakhstan yang memprotes kenaikan harga gas menjadi inspirasi gerakan rakyat di Indonesia.

“Saya lihat ada efek domino demo Kazakhstan ke Indonesia. Nantinya di Indonesia ada demo besar seperti Kazakhtan akibat kenaikan harga kebutuhan pokok,” kata aktivis Malari 74 Salim Hutadjulu kepada redaksi www.suaranasional.com, Kamis (6/1/2022).

- Advertisement -

Menurut tahanan politik di era Soeharto, rakyat di bawah sudah banyak mengeluh berbagai kebijakan pemerintah yang tidak berpihak pada masyarakat kecil. “Buruh di berbagai daerah sudah turun ke jalan meminta kenaikan UMP,” jelasnya.

Persoalan ketidakadilan, kata Salim memunculkan kekecewaan rakyat terhadap Rezim Jokowi. “BuzzerRp seperti Denny Siregar, Abu Janda, Ade Armando sudah dilaporkan ke polisi tapi tidak ada tindak lanjutnya,” ungkap Salim.

- Advertisement -

Menurut Salim, persoalan Tenaga Kerja Asing (TKA) memunculkan kecemburuan sosial di masyarakat. “Ini juga menyangkut ketidakadilan yang dialami masyarakat setempat atas kehadiran TKA China,” jelas Salim.

Kazakhstan dilanda demo besar-besaran gara-gara kenaikan harga bahan bakar.

- Advertisement -

Presiden Kazakhstan Kassym Jomart Tokayev pun menetapkan masa darurat akibat demo berujung ricuh. Dilansir dari AFP, Rabu (5/1/2022), ribuan demonstran turun ke jalanan di kota Almaty yang merupakan kota terbesar serta ibu kota finansial dan di Provinsi Mangystau untuk memprotes kenaikan harga bahan bakar atau Liquified Petroleum Gas (LPG).

Para demonstran juga menuntut pengunduran diri pemerintah Kazakhstan. Kota Almaty telah dilanda kekacauan sejak Selasa (4/1) tengah malam. (RKZ/sn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini