spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Demi Setop Inflasi, Joe Biden Ingin Berunding dengan Xi Jinping

KNews – Demi setop inflasi, Joe Biden ingin berunding dengan Xi Jinping. Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengatakan ia ingin berunding dengan Presiden China, Xi Jinping, Selasa (21/6).

Keinginan itu muncul mengingat Biden berencana mencabut kebijakan tarif yang dikenakan ke impor produk China untuk menyetop inflasi.

- Advertisement -

“Saya berencana berkomunikasi dengan Presiden Xi. Kami masih belum menentukan waktunya,” kata Biden kepada reporter pada Selasa lalu.

Pada akhir pekan, Biden menyampaikan bahwa perbincangan itu bakal dilakukan secepatnya.

- Advertisement -

Sebagaimana diberitakan AFP, Biden berencana mencabut beberapa tarif yang diberlakukan kepada Beijing untuk meringankan inflasi AS. Untuk memuluskan rencana tersebut, Biden ingin berkomunikasi dengan Xi.

AS sendiri menjatuhkan tarif kepada China pada masa pemerintahan mantan presiden Donald Trump. Kala itu, AS memberlakukan bea masuk sebesar 25 persen pada impor China yang bernilai miliaran dolar.

- Advertisement -

Kebijakan tersebut bertujuan untuk menghukum “praktik perdagangan China yang tak adil” dan melindungi perusahaan AS.

Kebijakan tersebut populer secara politik. Namun, melihat inflasi AS yang kini mencapai 40 persen, Biden harus memutar otak meringankan beban ekonomi itu.

Sementara itu, Menteri Keuangan Janet Yellen juga berpendapat relaksasi tarif ini dapat mengurangi inflasi AS.

Pembicaraan AS-China sendiri kemungkinan bakal terjadi dalam waktu dekat, mengingat kebijakan tarif buatan Trump bakal kedaluwarsa pada Juli mendatang, kecuali bila diperbarui.

Di sisi lain, perbincangan antara kedua pemimpin negara ini terakhir dilakukan pada 18 Maret lalu, saat Biden mewanti-wanti Xi agar tak memberikan bantuan ke Rusia kala invasi ke Ukraina. (RKZ/cnn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini