spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Demi Piala Dunia U-17 2023, JIS Warisan Anies Siap Diguyur Rp80 M untuk Direnovasi

KNews.id –  Pemerintah akan tancap gas merenovasi sejumlah stadion untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023. Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu venue yang bakal direnovasi. Selain JIS, ada tiga stadion venue Piala Dunia U-17 2023 yang juga bakal dipoles. Di antaranya Stadion Manahan, Solo, Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan Si Jalak Harupat, Bandung.

Untuk merenovasi keempat stadion Piala Dunia U-17 2023 tersebut, pemerintah telah menyiapkan anggaran Rp100 miliar. “Kan hanya renovasi. Kira-kira nggak lebih dari Rp 100 miliar,” kata Basuki dalam konferensi pers dikutip Kamis, 10 Agustus 2023.

- Advertisement -

Adapun renovasi yang dilakukan memang tak terlalu banyak. Mulai dari perbaikan rumput, ruang pemain, hingga lampu stadion. Di antara ketiga stadion yang direnovasi, JIS yang merupakan stadion warisan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini mendapatkan cukup banyak porsi renovasinya.

Salah satunya adalah pergantian rumput JIS yang dilakukan dengan metode penjahitan kepada rumput yang sudah ada atau pitch stitching. Artinya, rumput tak akan dipangkas total, tetapi hanya dilakukan penambahan rumput baru.

- Advertisement -

Ada juga tambahan akses keluar stadion seperti ramp tol hingga jembatan penyeberangan orang (JPO) untuk memberikan kenyamanan akses para penonton Piala Dunia U-17 2023. Sementara untuk renovasi akses area keluar JIS akan ada andil dari Dinas Perhubungan dan PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk atau CMNP selaku operator tol.

Keduanya akan berkolaborasi membangun off ramput atau akses penghubung antara tol keluar menuju jalan raya. Khusus untuk JPO, Kementerian PUPR akan mengambil alih pembangunannya. JPO ini akan menghubungkan area parkiran di Ancol dengan JIS.

- Advertisement -

Total anggaran yang dibutuhkan untuk membangun JPO tersebut diperkirakan tembus Rp80 miliar. Anggaran tersebut masuk dalam dana alokasi Rp100 miliar untuk perbaikan empat stadion Piala Dunia U-17 2023. (Zs/IN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini