Delegasi Israel Terang-terangan Kunjungi Saudi

warga Palestina yang berlindung
Kepolisian Israel bentrok dengan warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa sebelum Pawai Bendera Israel dimulai pada Ahad (29/5). (REUTERS/RONEN ZVULUN)

KNews.id – Delegasi Israel mulai terang-terangan mengunjungi Arab Saudi pada Minggu (10/9), di tengah isu normalisasi kedua negara.
Untuk pertama kalinya, Israel mengumumkan secara publik kunjungan delegasi mereka ke Saudi.
Delegasi tersebut merupakan perwakilan Israel untuk UNESCO. Kelima anggota delegasi tersebut bakal menggelar rapat di Riyadh pada hari ini, Senin.

“Kami bahagia berada di sini. Ini langkah pertama yang baik,” kata pejabat Israel yang tak ingin disebutkan namanya, dikutip AFP.

Ia lalu berkata, “Kami berterima kasih kepada UNESCO dan pihak berwenang Saudi.”
Kelima delegasi itu tiba setelah terbang melalui Dubai, Uni Emirat Arab, karena tak ada penerbangan langsung Israel ke Saudi. Mereka juga menggunakan visa via UNESCO untuk kunjungan kali ini.

Israel dan Saudi tak memiliki hubungan diplomatik. Namun pada 2022 lalu, Saudi membuat langkah baru dengan mengizinkan Israel melintasi wilayah udaranya. Hubungan kedua negara itu menjadi sorotan usai Israel dengan bantuan Amerika Serikat getol membujuk Saudi untuk normalisasi hubungan.

Sementara itu, Saudi kerap menggembar-gemborkan kemerdekaan Palestina menjadi syarat jika Israel ingin menjalin hubungan dengan mereka. Saudi juga bersedia normalisasi dengan Israel jika mendapat jaminan keamanan dari AS. (Zs/CNN)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini