spot_img
Rabu, April 24, 2024
spot_img

Jepang Siaga Tinggi, Delapan Kapal Rusia dan RRC Wara-wiri Mendekat!

KNews.id- Jepang kini dalam siaga tinggi. Pasalnya kehadiran kapal perang Rusia dan China meningkat di dekat wilayah Negeri Sakura. Melansir CNN International, setidaknya total delapan kapal perang kedua negara telah terlihat berlayar di laut dekat Jepang pekan ini. Lima kapal Rusia dan dua kapal China.

Menurut Kementerian Pertahanan Jepang, kapal Rusia, meliputi kapal perusak anti-kapal selam berlayar melalui Selat Tsushima, yang memisahkan Jepang dan Korea Selatan (Korsel), pada Selasa (21/6). Kapal itu juga telah berada di dekat dengan pulau-pulau Jepang selama seminggu, dari Hokkaido di utara hingga Okinawa di selatan.

- Advertisement -

Sementara itu, kapal perang China dan sebuah kapal pasokan terlihat di Kepulauan Izu, sekitar 500 kilometer (310 mil) selatan ibu kota Tokyo, Selasa. Salah satu kapal itu tampaknya adalah Lhasa, kapal perusak rudal berpemandu Tipe 55 dan salah satu kapal permukaan paling kuat di China.

“Ini adalah unjuk kekuatan yang jelas dari Rusia dan China,” kata Profesor Ilmu politik Temple University Tokyo, James Brown, dikutip Kamis.

- Advertisement -

“Kegiatan ini merupakan kekhawatiran besar bagi Jepang. Paling tidak, melacak pergerakan pasukan militer Rusia dan China merupakan beban pada sumber daya Pasukan Bela Diri Jepang.”

Sebenarnya, ini bukan kali pertama kapal Rusia dan China terlihat di dekat perairan Jepang. Kapal juga sempat terlihat pada Oktober 2021 lalu. Pada saat itu, total 10 kapal perang Rusia dan China bersama-sama berpartisipasi dalam latihan. Di mana mereka mengelilingi sebagian besar kepulauan Jepang. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini