spot_img
Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Daun Pepaya Rasanya Pahit Tapi Banyak Khasiat untuk Kesehatan, Salah satunya untuk Mengontrol Gula Darah

 

KNews.id – Selain buahnya yang enak dan kaya nutrisi, manfaat daun pepaya bagi kesehatan juga cukup banyak. Tak heran jika daun ini sering dijadikan sebagai pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit.

- Advertisement -

Manfaat daun pepaya untuk kesehatan telah dikenal dalam berbagai budaya sebagai tanaman yang memiliki beragam kemanfaatan. Daun pepaya mudah dikenali dan dipahami.

Daun ini tunggal, besar, dan memiliki bagian-bagian lengkap seperti tangkai, helaian, dan upih. Bentuknya bulat seperti bola dengan ujung meruncing. Tangkainya panjang dan berongga.

Tulang daunnya menjari, menyebar dari bagian tengah tanaman ke segala arah. Daun ini terbentuk pada masa pertumbuhan tanaman. Daun pepaya mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh.

Dalam setiap 100 gram, terdapat kandungan:

- Advertisement -

Energi sebanyak 79 kalori,

8 gram protein,

2 gram lemak,

11,9 gram karbohidrat,

353 mg kalsium,

63 mg fosfor,

1 mg zat besi,

18.250 IU vitamin A,

0,15 mg vitamin B1,

dan 140 mg vitamin C. Selain itu, sekitar 71 persen dari dapat dikonsumsi.

Adapun manfaat daun pisang untuk kesehatan, antara lain:

  1. Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan meningkatkan kontrol gula darah.

Hal ini karena daun pepaya memiliki manfaat untuk melindungi sel-sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan kematian dini.

Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah daun pepaya dapat digunakan untuk membantu mengelola kadar gula darah tinggi pada manusia.

  1. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Teh dan ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai terapi alternatif untuk meringankan gejala masalah pencernaan, seperti perut kembung. Hal ini karena daun pepaya mengandung serat dan senyawa unik yang disebut papain.

Papain terkenal karena kemampuannya untuk memecah protein besar menjadi protein dan asam amino yang lebih kecil dan lebih mudah dicerna. Itulahh sebabnya daun pepaya juga sering disunakan sebagai pelunak daging dalam praktik kuliner.

  1. Mengobati Gejala Demam Berdarah

Salah satu kegunaan daun pepaya yang paling populer adalah sebagai obat untuk gejala demam berdarah. Demam berdarah adalah penyakit infeksi virus yang ditularkan melalui nyamuk.

Penyakit ini dapat menimbulkan gejala seperti flu, seperti demam, kelelahan, sakit kepala, mual, muntah, dan ruam kulit. Meskipun belum ada obat khusus untuk demam berdarah, beberapa perawatan tersedia untuk mengelola gejalanya, salah satunya adalah daun pepaya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun pepaya sering dikonsumsi sebagai makanan atau dioleskan ke kulit sebagai cara untuk menjaga kulit tetap lembut, bersih, dan tampak awet muda. Enzim pelarut protein dalam daun pepaya yang disebut papain dapat digunakan secara topikal sebagai exfoliant untuk mengangkat sel kulit mati.

Ini juga berpotensi mengurangi terjadinya pori-pori tersumbat, rambut tumbuh ke dalam, dan jerawat. Itulah pembahasan mengenai manfaat daun pepaya bagi tubuh. Meski manfaatnya banyak, penting untuk tetap mengutamakan pengobatan medis jika mengalami masalah kesehatan.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Pertama-tama, jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif yang termasuk senyawa karpain. Selain itu, jus daunnya memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, dan bahkan sel kanker.

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Selanjutnya, secara alami merangsang regenerasi sel darah putih dan trombosit dalam tubuh. Kandungan vitamin A, C, dan E, berperan penting dalam mendukung sistem kekebalan tubuh.

  1. Anti Malaria

Banyak bagian dunia yang menggunakan jus daunnya sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah yang endemis.

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Bagi para wanita, daun pepaya dapat membantu mengurangi nyeri haid. Caranya, rebus daun tersebut dengan tambahan asam jawa dan garam, lalu minum ramuan ini saat datang bulan.

9. Membantu Penyakit Pembesaran Prostat

Daun pepaya dapat membantu mengatasi masalah pembesaran prostat jinak dan masalah terkait lainnya, seperti lesi dubur

  1. Mengatasi Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, gunakan daunnya yang muda yang dihaluskan menjadi pasta dan gunakan sebagai masker wajah. Setelah 10-30 menit, bilas dengan air bersih

  1. Meningkatkan Trombosit

Daunnya sangat penting dalam meningkatkan jumlah trombosit, terutama bagi mereka yang mengalami kekurangan vitamin, menjalani kemoterapi, atau menderita demam berdarah.

12. Emfisema

Daun papaya banyak mengandung vitamin D yang dapat mencegah terjadinya penyakit emfiisema yang berhubungan dengan paru-paru. Daun pepaya menawarkan sejumlah manfaat yang luar biasa bagi kesehatan manusia.

Dari sifat antioksidan, antiinflamasi, hingga antimikroba, daun pepaya memiliki potensi untuk mendukung kesehatan secara menyeluruh.

(Zs/RDR)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini