spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Daud Kim Umrah Pertama Kali Usai Menjadi Mualaf: Allah Tolong Saya!

KNews.id- Youtuber asal Korea, Daud Kim, akhirnya bisa menginjakkan kaki di Mekah. Ini adalah pertama kalinya dia datang ke Arab Saudi dan ingin melakukan ibadah umrah.

Daud Kim memperlihatkan dirinya sudah tiba di Rabwah. Akan tetapi, dia mendapat masalah lantaran tidak ada agama yang dicantumkan di paspor miliknya.

- Advertisement -

Dia tak tahu kalau memerlukan izin untuk bisa masuk ke Mekah untuk menjalani umrah.

“Jadi, paspor Korea tidak menulis agama kami. Hanya muslim yang bisa masuk ke Mekah. Jadi secara resmi, saya tidak bisa membuktikan kepada mereka bahwa saya seorang muslim dengan (menunjukkan bukti berupa) dokumen. Inilah masalahnya,” cerita Daud Kim dilihat di channel YouTube miliknya.

- Advertisement -

“Saya tidak tahu bahwa saya membutuhkan izin. Apa yang dapat saya lakukan? Saya mendengar bahwa beberapa kantor dapat membantu. Jadi, saya akan pergi ke sana dulu. Insyaallah. Tolong, semoga Allah membantu saya. Saya sangat ingin pergi ke Mekah,” sambungnya.

Daud Kim pergi ke salah satu kantor yang bisa membantunya untuk mengurus izin. Tak disangka saat tiba di sana ada salah satu orang di kantor itu yang mengenalinya.

- Advertisement -

Pria yang baru saja memeluk Islam pada September 2019 itu langsung mendapat penjelasan. Daud Kim awalnya sangat khawatir karena untuk mendapat izin tersebut membutuhkan waktu sekitar 12 hari.

Namun, pria yang mengenalinya saat awal tiba menjanjikan Daud Kim bisa berangkat umrah. Kebetulan dia akan membawa jamaah umrah sebanyak 5 bus.

“Tapi bersama kami, tidak akan ada masalah. Lusa kita bisa pergi mungkin 5 bus kita akan umrah,” kata pria tersebut bicara kepada seorang pria lainnya.

“Maukah kamu pergi bersama mereka? Itu akan bebas biaya, semuanya bebas dari biaya. Kami akan memberikan hotel,” jelasnya lagi.

Daud Kim merasa tak percaya. Akhirnya memutuskan untuk pergi bersama rombongan pria tersebut.

“Sebenarnya aku sangat khawatir. Aku tidak tahu bagaimana cara masuk (ke Mekah) dan apa yang saya pakai saat umrah. Aku tidak tahu apa-apa. Aku bergabung dengan kalian itu akan sangat luar biasa. Aku menemukan solusi. Allah membantuku,” tuturnya.

“Kamu tidak akan percaya, Arab Saudi luar biasa. Mengapa mereka begitu murah hati. Aku tidak percaya itu. Subhanallah. Akhirnya, saya mendapat izin. Alhamdulillah. Ini sangat sulit,” ucap Daud Kim bersyukur.

Selama perjalanan menuju Mekah, Daud Kim banyak bertemu dengan saudara muslim dari berbagai negara. Dia terlihat antusias mengaku ini adalah umrah pertamanya.

Daud Kim memperlihatkan dirinya banyak mendapat bantuan dari orang-orang yang baru dia kenal dalam perjalanan itu. Salah satu yang mencuri perhatian adalah ketika Daud Kim diajari memakai kain ihram.

Ketika melakukan tawaf atau mengelilingi Ka’bah, Daud Kim mengikuti semua penjelasan dari pendampingnya. Dia bahkan berkali-kali bertanya soal Ka’bah.

“Itu Ka’bah?” tanya Daud Kim yang terus berjalan dan tak melepas pandangannya ke Ka’bah.

Daud Kim mengaku selama melakukan tawaf merasakan kedamaian. Mimpinya sejak dua tahun lalu untuk umrah akhirnya terwujud.

“Sangat damai dan sangat hangat. Aku merasa diberkati, mimpiku menjadi kenyataan. Karena aku selalu berdoa selama 2 tahun setiap hari untuk bisa ke sini dan akhirnya aku bisa datang ke sini. Alhamdulillah,” ucap Daud Kim bersyukur. (AHM/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini