spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

Daftar BUMN ‘Zombie’ yang Dibubarkan Jokowi

KNews.id-PT Pengembangan Armada Niaga Nasional atau PT PANN (Persero) dipastikan akan bubar. Keputusan ini sudah direstui Jokowi dalam Kepres No.25 Tahun 2022.

Nama PANN ini sebenarnya sudah masuk dalam daftar BUMN yang akan ditutup oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Pasalnya, PANN dinilai tidak fokus dalam menjalani usahanya. Selain itu, jumlah karyawannya hanya sebanyak 7 orang.

- Advertisement -

Berikut ini daftar BUMN yang sudah dan akan ditutup oleh pemerintahan Jokowi:

1. PT Industri Sandang Nusantara
Pembubaran Industri Sandang Nusantara berdasarkan Keputusan Pemegang Saham tanggal 2 Februari 2022. Diketahui sejak tahun 2018, pendapatan ISN hanya berasal dari jasa maklun (pengerjaan penjahitan) produksi kain, sehingga tidak dapat menutup biaya operasional perusahaan.

- Advertisement -

ISN menghadapi kompetisi industri tekstil yang sangat tinggi dengan kondisi industri yang secara umum dalam fase sunset. Perusahaan mengalami kerugian terus-menerus di mana pendapatan perusahaan per tahun 2020 sebesar Rp 52 miliar dan rugi bersih sebesar Rp 86,2 miliar.

Terkait dengan penyelesaian kewajiban karyawan termasuk pesangon akan diselesaikan melalui penjualan aset milik ISN di Grati, Jawa Timur, yang saat ini sedang dilakukan penjualan melalui lelang.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini