spot_img
Selasa, Mei 7, 2024
spot_img

Daftar 6 Perusahaan Milik Jusuf Kalla

KNews.id – Daftar perusahaan milik Jusuf Kalla merupakan mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, yang juga merupakan bagian dari Grup Kalla. Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara pada 2018, total harta yang dimiliki JK mencapai Rp900,837 miliar.

Kekayaan yang ia dapat tidak terlepas dari seringnya Jusuf Kalla bergaul dengan banyak pebisnis ulung.

- Advertisement -

Berikut daftar perusahaan milik Jusuf Kalla dilansir dari berbagai sumber:

1. Pendidikan

- Advertisement -

Dalam sektor pendidikan di mana Grup Kalla memiliki Sekolah Islam Athirah yang dibangun pada 1984.Mulai dari tingkat TK sampai SMA berdiri sanga kokoh hingga saat ini.

Menilik sejarahnya, sekolah ini bermula dari keinginan kuat dari sosok Hadji Kalla dan istrinya, Hadjah Athirah untuk berperan aktif dalam memajukan pendidikan. Beliau peduli dan punya komitmen tinggi.

- Advertisement -

2. Sektor Transportasi dan Logistik

Sektor transportasi dan logistik merupakan bisnis pertama yang dikelola oleh Grup Kalla di awal Hadji Kalla dan Hajjah Athirah Kalla memulai bisnisnya pada 1952.

Kini perkembangan bisnis Grup Kalla dibidang transportasi dan logistik telah berkembang dengan memiliki Kalla Lines, Kalla Transport, dan juga Kalla Logistics.

3. Sektor Konstruksi

Selanujutnya adalah Grup Kalla memiliki bisnis yang bergerak di sektor konstruksi. Dalam sektor ini, Grup Kalla memiliki Bumi Karsa dan juga Kalla Aspal.

4. Sektor Otomotif

Bisnis otomotif menjadi salah satu bisnis pertama bagi Grup Kalla. Di mana pada saat itu NV Hadji Kalla yang didirikan pada 1952 ditunjuk oleh PT Toyota Astra Mobil untuk menjadi distributor resmi mobil Toyota di Sulawesi Selatan.

Kini, bisnis tersebut bernaung di bawa Kalla Toyota untuk penjualan mobil Toyota dan Kalla Kars untuk penjualan motor.

5. Sektor Energi

Tidak hanya itu saja, Grup Kalla juga memiliki bisnis di sektor energi terbarukan di bawah Malea Energy yang berlokasi di Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, dan Poso Energy yang berlokasi di Desa Sulawena, Poso, Sulawesi Tengah.

6. Manufaktur

Selanjutnya adalah bisnis manufaktur yang menjadi salah satu gurita bisnis bagi Grup Kalla. Dalam sektor ini, Grup Kalla memiliki Kalla Beton. (RZ/OZ)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini