spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Corona Menembus Rekor 54 Ribu, Indonesia Banjir Sumbangan dari China-Singapura

KNews.id- Kasus positif virus Corona (COVID-19) melonjak beberapa hari terakhir. Hari ini pun kasus baru cetak rekor di 54.517. Jubir Menko Marinves Jodi Mahardi pun membeberkan penyebab lonjakan yang terjadi.

“Kenaikan kasus konfirmasi positif dalam beberapa hari terakhir antara lain juga disebabkan oleh perbaikan sistem pencatatan dan pelaporan berupa pemberlakuan verifikasi otomatis secara langsung dari laboratirium pemeriksa sehingga prosesnya jauh lebih cepat,” katanya kepada detikcom.

- Advertisement -

“Selain itu terdapat peningkatan jumlah tes harian sehingga target testing lebih banyak. Namun kenaikan tersebut sejalan dengan angka positivity rate yang cenderung stabil,” lanjutnya.

Jodi menjelaskan, terhadap kenaikan kasus terkonfirmasi positif yang terjadi, pemerintah telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyiapkan tambahan tempat perawatan melalui konversi tempat tidur COVID-19 hingga 40% dari kapasitas tempat tidur rumah sakit, dan pembangunan rumah sakit darurat/rumah sakit lapangan bersama Kementerian PUPR.

- Advertisement -

Pemerintah juga akan mengoptimalkan berbagai asrama dan balai diklat milik kementerian/lembaga untuk menampung pasien isolasi. Melihat situasi di dalam negeri, dia lanjut menjelaskan beberapa negara telah mengirimkan berbagai bantuan untuk menanggulangi COVID-19 di Indonesia.

“Beberapa negara seperti Singapura, Amerika Serikat, UAE, China dan beberapa negara lain saat ini sedang mempersiapkan proses pengiriman bantuan, bahkan beberapa sudah sampai di Indonesia,” paparnya.

- Advertisement -

Bantuan yang sudah diterima antara lain APD, vaksin untuk percepatan vaksinasi di Indonesia, isotank untuk mengangkut oksigen, tabung oksigen, oksigen concentrator, dan beberapa bantuan lainnya. (AHM/dtk)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini