spot_img
Kamis, Februari 29, 2024
spot_img

Corona Membuat Masyarakat Gemar Menabung?

KNews.id- Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat simpanan masyarakat pada 109 bank umum per Desember 2020 mengalami kenaikan sebesar 10,86 persen secara tahunan dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya menjadi Rp6.737 triliun.

Secara nominal kenaikan dana pihak ketiga (DPK) sepanjang tahun lalu di tengah pandemi Covid-19 sebesar Rp660 triliun. Jumlah ini naik signifikan dibandingkan dengan 2019, yakni Rp373 triliun. 

- Advertisement -

Adapun jumlah rekening simpanan pada bulan Desember 2020 tumbuh 16,12 persen secara yoy menjadi 350.324.950 rekening. Apabila dibandingkan dengan bulan sebelumnya, jumlah rekening perbankan naik 1,68 persen mom.

Sementara itu,  simpanan dengan tiering di atas Rp5 miliar mengalami penurunan selama tiga bulan terakhir pada 2020. Secara berurutan, sepanjang Oktober-Desember, secara bulanan simpanan jumbo turun 1,1 persen, 0,7 persen, dan 1,3 persen. Namun sepanjang tahun lalu, simpanan kakap tersebut naik 14,2 persen secara tahunan.

- Advertisement -

LPS pun memperkirakan dana masyarakat di perbankan masih akan tumbuh pada awal tahun ini. Masyarakat masih belum banyak menggunakan daya belinya untuk konsumsi. 

“DPK awal tahun masih akan meningkat. Kalau dilihat soal konsumsi masyarakat masih tertahan oleh pembatasan kegiatan sosial sehingga mempengaruhi belanja mereka sehingga wajar DPK belum banyak dipakai untuk konsumsi,” kata Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa kepada Bisnis belum lama ini. (Ade)

Sumber: Bisnis

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini