spot_img
Jumat, Maret 1, 2024
spot_img

Coba Nafsir Ngupas Gambar Hewan-hewan di Tubuh Jokowi pada Karikatur di The Week Magazine

Oleh: Jliteng Suparman, Budayawan dari Solo

KNewes.id- Kodok simbol karakter ke atas menjilat ke bawah menginjak. Karakter kodok seperti itulah yang kini menjadi budaya perilaku di lingkungan rezim pemerintahan Jokowi. Orang meniadakan pasal malu walau harus melakukan tindakan yang rendah dan hina, untuk menjilat atasan demi kekuasaan dan kekayaan.

- Advertisement -

Sebaliknya kepada bawahan atau kepada rakyat tidak ada kata sungkan untuk melakukan tindakan represif bahkan hingga membunuh demi mengamankan posisi dan kepentingan. Kodok memang menjadi ajimat utama Jokowi. Tuah atau pengaruhnya membuat banyak orang agar berperilaku seperti itu.

Laba-laba adalah hewan yang mencari mangsa dengan memasang jerat. Sebagaimana perilaku politik Jokowi. Pembiaran meraja lelanya korupsi dan tindakan pelanggaran lain oleh hampir seluruh pejabat negara, bukan tanpa maksud. Demikian pula bagi-bagi posisi komisaris dan lain-lain. Semua itu merupakan jaring laba-laba untuk menjerat agar orang menjadi tunduk dan takluk.

- Advertisement -

Kalajengking, hewan yang suka tinggal bersembunyi di celah-celah lembab dan kotor, seperti di bawah bebatuan, di celah-celah dinding, dan sebagainya. Jika ada gerak yang membuatnya terkejut atau merasa terancam maka ia akan mematukkan ekornya mengeluarkan bisa. Lembab dan kotor lambang kondisi kemiskinan.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini