spot_img
Jumat, Maret 29, 2024
spot_img

RRC Minta APBN Jadi Penjamin Utang KCJB, Said Didu: Ternyata Engkau Menjebak dan Menjual Bangsa Ini..

KNews.id – Mantan pejabat di Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu mengkritik keras pemerintah terkait permintaan China yang menginginkan APBN menjadi jaminan atas pemberian utang mereka terhadap proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Dia menyebut sosok yang memuja China justru menjual bangsa Indonesia.

- Advertisement -

Hal itu disampaikan Said Didu dalam akun Twitter pribadinya, pada Kamis 13 April 2023.

“Engkau selalu memuja China. Ternyata engkau menjebak dan menjual bangsa ini ke China,” ujar dia seperti dikutip dari WE NewsWorthy.

- Advertisement -

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut bahwa China bersikeras meminta Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk menjadi penjamin pinjaman utang proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Luhut tidak bisa menyepakati usulan China tersebut. Justru dia merekomendasikan agar penjaminan melalui PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (Persero) saja.

- Advertisement -

“Memang masih ada masalah psikologis ya, jadi mereka (China) maunya dari APBN. Tapi kita jelaskan prosedurnya akan panjang. Kami dorong melalui PT PII karena ini struktur yang baru dibuat pemerintah Indonesia sejak 2018,” kata Menko Luhut dikutip pada Rabu (12/4).

Namun, jika China tetap menginginkan APBN sebagai penjaminan, maka untuk mencapai tersebut diperlukan prosedur yang akan panjang. Berkat peringatan Luhut, akhirnya pihak China saat ini sedang mempertimbangkan terkait opsi penjaminan. (Hfz/WE)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini