spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Cetak Laba Jumbo, BNI Janji Tingkatkan Rasio Pembagian Dividen

KNews.id– PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) berencana akan meningkatkan rasio pembagian dividen dengan melihat kondisi permodalan dan profitabilitas perusahaan.

Direktur Keuangan BNI, Novita Widya Anggraini, mengatakan bahwa peningkatan dividen payout tersebut akan naik di kisaran 30-40% dari tahun lalu yang sebesar 25%.

- Advertisement -

“Tingkat dividen payout kami kisarannya kalau tahun lalu 25%, mungkin ini bisa kami review tentunya naik tergantung dengan kondisi permodalan dan juga profitabilitas kami itu kita melihat di kisaran 30-40%,” ucap Novita dalam konferensi pers public expose, 13 September 2022.

Kenaikan tersebut terefleksi dari kondisi permodalan BNI yang semakin membaik pada modal tier I BNI sebesar 17% dan capital adequacy ratio (CAR) 19%, sejalan dengan aksi korporasi yang dilakukan oleh BNI selama 2 tahun terakhir.

- Advertisement -

Adapun, BNI juga mencatatkan kinerja positif pada semester I-2022 yang mencatatkan laba bersih mencapai Rp8,8 triliun atau melonjak 75% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

Selain itu, BBNI juga menargetkan sejumlah hal, diantaranya dapat meningkatkan kredit di kisaran 10% untuk tahun-tahun berjalan. Pada rasio NPL perusahaan menargetkan berada di bawah 1,5% di tahun 2025.

- Advertisement -

“Dengan cost of credit yang akan kami jaga di level 1%, return on average (ROA) di 3 tahun mendatang ini juga akan kami capai di level minimal 18%,” imbuhnya.

Perusahaan juga melihat antara tingkat ROA bank dengan valuasi saham dengan parameter price to book value (PBV), dengan membaiknya rasio ROA di BNI diharapkan dapat meningkatkan valuasi saham BNI dan juga memberikan capital gain kepada para pemegang saham. (Ach/Ibn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini