spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Catat Nih, Sebanyak 75 Persen Masyarakat Belum Menggunakan Mobile Banking

KNews.id- Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto  mengungkapkan, inklusi keuangan masih menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah di era digitalisasi saat ini. Airlangga bahkan mengatakan, dari seluruh masyarakat Indonesia hanya 25% penduduk dewasanya yang memahami serta bertransaksi menggunakan mobile banking. Berarti, sebanyak 75% masyarakat dewasa belum memahami mobile banking.

“Hanya 25% dari penduduk dewasa yang melaksanakan transaksi keuangan melalui mobile banking aplikasi uang elektronik dan tentunya ini perlu ditingkatkan lagi,” kata Airlangga melalui video conference Kemitraan Visa dan Alto di Jakarta, Kamis 10 Juni.

- Advertisement -

Oleh karena itu, Airlangga memahami perlunya peningkatan berbagai kualitas baik dari sisi infrastruktur digital, jaringan internet, hingga kebutuhan listrik masyarakat agar dapat mendorong angka inklusi nasional.

Meskipun begitu, dirinya menjelaskan, berdasarkan survei Pemerintah inklusi keuangan di Indonesia sudah mulai meningkat. Hal tersebut tercermin dari indikator kepemilikan akun bank maupun keuangan dari 59,74% di tahun 2013 menjadi 81,4% di tahun 2020.

- Advertisement -

Airlangga juga mengatakan, Presiden Joko Widodo telah menargetkan tingkat inklusi keuangan RI akan berada pada posisi 90% pada 2024 mendatang. Hal tersebut didorong oleh sinergi antar pemangku kebijakan hingga pelaku industri sistem pembayaran dan perbankan. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini