spot_img
Minggu, April 21, 2024
spot_img

Catat Nih! Daftar Bansos & BLT Yang Cair Maret 2024

KNews.id – Jakarta,Pemerintah bakal kembali menggelontorkan bantuan sosial (bansos) dan bantuan langsung tunai (BLT) pada Maret 2024. Bantuan tersebut akan diberikan kepada masyarakat miskin yang termasuk keluarga penerima manfaat (KPM).

Daftar Bansos dan BLT yang Cair Maret 2024

- Advertisement -

Dilansir dari indonesia.go.id, berikut empat jenis bansos yang dipastikan akan didistribusikan pada 2024:

Program Keluarga Harapan (PKH)

- Advertisement -

PKH menyasar KPM yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos). Pembagian bansos PKH dilakukan secara bertahap, yaitu tahap 1 (Januari-Maret), tahap 2 (April-Juni), tahap 3 (Juli-September), dan tahap 4 (Oktober-Desember).

Adapun target PKH meliputi balita usia 0-6 tahun, ibu hamil, ibu melahirkan, orang lanjut usia (lansia), penyandang disabilitas, serta siswa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah menengah atas (SMA), dan sederajat.

- Advertisement -

Besaran bantuan uang tunai yang diberikan bervariasi tergantung dari kategori KPM-nya, yaitu Rp 3 juta per tahun (balita usia 0-6 tahun, ibu hamil, atau ibu melahirkan), Rp 2,4 juta per tahun (lansia atau penyandang disabilitas), dan Rp 900 ribu sampai dengan Rp 2 juta per tahun (siswa SD, SMP, SMA, atau sederajat).

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT atau juga dikenal dengan nama Kartu Sembako ditargetkan untuk KPM berdasarkan DTKS Kemensos. Besaran bantuan uang tunai yang dibagikan setiap dua bulan sekali itu sebesar Rp 200 ribu per bulan. Dengan demikian, setiap KPM berhak menerima Rp 2,4 juta per tahun.

Bantuan Pangan Beras 10 Kilogram

Bantuan pangan beras 10 kilogram disalurkan mulai Januari hingga Maret 2024 kepada KPM. Data 22 juta KPM bansos beras tidak diambil dari DTKS Kemensos, tetapi dari data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

BLT Mitigasi Risiko Pangan

BLT Mitigasi Risiko Pangan merupakan bantuan yang diberikan kepada 18,8 juta KPM sebesar Rp 200 ribu per bulan. Bansos yang diklaim menggantikan BLT El Nino pada 2023 itu mulai dicairkan pada Februari untuk tahap pertama, sehingga bantuan Januari dan Februari dirapel.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebelumnya mengatakan, alokasi anggaran BLT Mitigasi Risiko Pangan yang dikucurkan pemerintah mencapai Rp 11,35 triliun. Bansos itu akan diberikan selama tiga bulan, yaitu Januari-Maret 2024.

Dia menuturkan, BLT Rp 600 ribu untuk tiga bulan tersebut tidak sama dengan bansos pangan beras 10 kilogram. Menurutnya, bantuan pangan beras merupakan program pemerintah melalui cadangan beras pemerintah (CBP).

“Ini berbeda dengan bantuan pangan (beras 10 kilogram) yang 22 juta KPM. Nah itu biasanya masyarakat di bawah bertanya kepada saya, dapat beras, tetapi tidak dapat BLT. Tentu data yang berbeda itu tergantung kepada data dari (Kemenko) PMK,” kata Airlangga sat konferensi pers hasil high level meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin, 29 Januari 2024, dikutip dari Antara.

Cara Cek Bansos dan BLT 2024

Untuk mengetahui status penerima bansos dan BLT pada 2024, masyarakat dapat melihatnya di laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkahnya:

– Kunjungi link https://cekbansos.kemensos.go.id.

– Pilih wilayah KPM meliputi provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa/kelurahan.

– Ketik nama lengkap sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).

– Masukkan kode acak yang ditampilkan layar.

– Tekan tombol ‘Cari Data’.

– Apabila menjadi penerima bansos dan BLT, maka sistem akan menampilkan data diri KPM. (Zs/TMP).

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini