spot_img
Rabu, Mei 1, 2024
spot_img

Cara Mempertahankan Gmail Anda Agar Tidak Terhapus

KNews.id – Menyusul pengumuman Google untuk menghapus akun Gmail yang tidak aktif, ada beberapa cara untuk mempertahankannya agar tidak terhapus. Tidak sulit untuk membuat akun Gmail Anda tetap aktif, tetapi Anda harus menunjukkan tanda-tanda kehidupan.

Apakah Anda memiliki akun Google yang jarang digunakan? Inilah saatnya menyegarkan akun surat elektronik (surel) tersebut atau Anda berisiko kehilangan akun.

- Advertisement -

Raksasa teknologi Google mengatakan dalam unggahan blog baru-baru ini, perusahaan mungkin akan menghapus akun Google yang belum pernah digunakan atau bahkan masuk dalam dua tahun terakhir.

Kebijakan ini rencananya akan dimulai pada akhir 2023 dan akan mencakup akun Google seperti Gmail, Dokumen, Drive, Meet, Kalender, YouTube, dan Google Photo.

- Advertisement -

Menurut Google, akun yang tidak aktif tersebut lebih cenderung disusupi. Pelaku kejahatan siber mungkin menggunakan kata sandi lama dan usang yang telah disusupi. Akun yang lebih tua ini 10 kali lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki autentikasi dua faktor, kata Google, membuat data menjadi kurang aman.

“Akun-akun ini seringkali rentan. Dan begitu akun disusupi, itu dapat digunakan untuk apa saja. Mulai dari pencurian identitas, hingga vektor untuk konten yang tidak diinginkan atau bahkan berbahaya, seperti spam,” tulis laporan tersebut, dikutip dari laman CNET.

- Advertisement -

Cara Mempertahankan Akun Google Anda

Tidak sulit untuk mempertahankan akun Google Anda. Anda harus masuk setidaknya sekali setiap dua tahun, jadi jika Anda tidak ingat apakah Anda pernah melakukannya, sekaranglah waktunya.

Anda bisa membaca atau mengirim surel, menggunakan Google Drive, menonton video YouTube, mengunduh aplikasi di Google Play Store, menggunakan pencarian Google atau menggunakan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.

Semua itu terdaftar sebagai aktivitas yang akan tetap mengaktifkan akun Anda. Jika Anda memiliki langganan yang disiapkan melalui akun Google, Google One, publikasi berita, atau aplikasi, itu juga dianggap sebagai aktivitas.

Salah satu opsi ini dapat membantu:

1. Menghubungkan ke salah satu aplikasi dengan akses Gmail (misalnya YouTube),

2. Menghubungkan ke Google dengan akun Anda dan menelusuri di Google,

3. Menghubungkan ke PlayStore dan mengunduh aplikasi,

4. Buka surel Anda dan masuk atau kirim pesan,

5. Masuk ke kotak masuk Anda dan akses ke Google Drive.

Kapan Akun Google Akan Dihapus?

Secara teknis, Anda punya waktu untuk menyiasatinya, karena Google akan mulai menghapus akun pada Desember 2023. Dan akun pertama yang akan dihapus adalah akun yang dibuat dan tidak pernah digunakan lagi.

Selain itu, Google mengatakan akan mengirim banyak notifikasi sebelum akun dihapus. Notifikasi tersebut akan masuk ke alamat surel akun utama serta alamat surel cadangan yang disediakan.

Tapi jangan menunggu, karena ini terlalu mudah untuk dilupakan. Lebih baik melakukannya sekarang daripada mengambil risiko kehilangan apa pun yang ingin Anda pertahankan.

Akun Google Mana yang Harus Anda Khawatirkan?

Google Workspace menyertakan program populer seperti Gmail, Dokumen, Drive, Meet, dan Kalender, jadi Anda mungkin memiliki lebih dari satu akun tersebut. YouTube dan Foto Google juga terpengaruh.

Perubahan kebijakan hanya memengaruhi Akun Google pribadi, bukan untuk organisasi, seperti sekolah atau bisnis.

Pengumuman Google mengikuti CEO Twitter Elon Musk yang juga mengatakan Twitter akan segera membersihkan akun yang tidak aktif, yang bisa terdampak kepada lebih dari 1,5 miliar akun. (RZ/IVS)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini