spot_img
Minggu, Februari 25, 2024
spot_img

Cara Daftar BLT Rp 600 Ribu via Online di HP, Siapkan KK dan KTP untuk Masuk DTKS

KNews.id – Inilah cara daftar BLT Rp 600 ribu via online di HP. Masyarakat hanya perlu siapkan KK dan KTP. Pemerintah akan menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp 600 ribu pada Februari 2024.

BLT Rp 600 ribu dibagikan pemerintah dalam rangka mengantisipasi lonjakan inflasi seiring dengan ada fenomena pergeseran musim panen serta hari besar keagamaan. Untuk mengecek apakah namamu terdaftar sebagai penerima BLT Rp 600 ribu, masyarakat dapat mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.

- Advertisement -

Lantas, bagaimana jika tidak terdaftar sebagai penerima BLT Rp 600 ribu?

Hingga saat ini, belum ada informasi apakah masyarakat bisa mendaftarkan secara mandiri untuk mendapat BLT Rp 600 ribu. Pasalnya, syarat menjadi penerima BLT Rp 600 ribu adalah terdaftar dalam Daftar Terpadu Keluarga Sejahtera (DTKS) Kementerian Sosial.

Selain itu, ia juga harus terdaftar sebagai penerima bantuan sosial (bansos) yaitu Program Sembako dan Program Keluarga Harapan (PKH). Dengan kata lain, penerima BLT Rp 600 ribu sama seperti penerima BLT El Nino yang disalurkan pemerintah pada tahun lalu.

- Advertisement -

Sehingga bagi Anda yang tahun lalu mendapatkan BLT El Nino, akan kembali memperoleh BLT Rp 600 ribu pada tahun ini. Meski demikian, Kemensos memiliki layanan agar masyarakat dapat mengusulkan orang yang layak menerima bansos agar terdaftar di DTKS.

Layanan ini dapat diakses secara luas oleh masyarakat melalui Aplikasi Cek Bansos di menu Usul-Sanggah. Cara daftar DTKS online, sangatlah mudah .Masyarakat hanya perlu menyiapkan Kartu Keluarga (KK), KTP, serta jaringan internet.

Inilah cara daftar DTKS secara online agar bisa menerima bansos dari Kemensos, dikutip dari laman Dinsos Kota Banda Aceh:

  1. Unduh atau download Aplikasi Cek Bansos Kemensos di Google Play Store.
  2. Setelah berhasil diunduh, buka Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik “Buat Akun Baru” untuk registrasi atau pendaftaran DTKS.
  3. Masukkan data diri sesuai kolom yang diminta, berupa Nomor KK, NIK dan nama lengkap sesuai KK serta KTP.
  4. Selanjutnya unggah foto KTP dan swafoto yang tengah memegang KTP.
  5. Pastikan masyarakat mengisi data dengan benar, jika sudah lalu klik “Buat Akun Baru”.
  6. Cek email verifikasi dan aktivasi masuk dari Kemensos.
  7. Jika proses registrasi berhasil, buka kembali layanan menu di Aplikasi Cek Bansos Kemensos, lalu klik menu “Daftar Usulan”.
  8. Masukkan kembali data diri sesuai petunjuk yang tertulis di kolom.
  9. Terakhir pilih jenis bansos yang ingin didapatkan.
  10. Kemensos akan melakukan proses verifikasi dan validasi data pendaftaran yang diusulkan.

Bagi masyarakat yang telah terdaftar DTKS, dapat melakukan cek penerima secara berkala untuk memastikan apakah lolos menjadi KPM DTKS atau tidak.

Cek penerima tersebut bisa dilakukan pada menu pilihan di Aplikasi Cek Bansos atau situs resmi cekbansos.kemensos.go.id yang bisa diakses secara online.

Cek Penerima BLT Rp 600 Ribu

Sementara itu, untuk mengecek apakah nama Anda terdaftar sebagai penerima BLT Rp 600 ribu, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id di HP lalu isi beberapa data untuk cek penerima BLT Rp 600 ribu.

Selengkapnya, inilah cara cek penerima BLT Rp 600 ribu di cekbansos.kemensos.go.id:

  1. Akses situs cekbansos.kemensos.go.id atau klik link ini.
  2. Masukkan Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan.
  3. Masukkan nama Penerima Manfaat (PM) sesuai KTP.
  4. Ketikkan 4 huruf kode yang tertera dalam kotak kode.
  5. Jika huruf kode kurang jelas, klik icon Refresh untuk mendapatkan huruf kode baru.
  6. Klik tombol CARI DATA.
  7. Situs akan memunculkan hasil pencarian apakah nama Anda masuk dalam daftar sebagai KPM

Catatan: Sistem Cek Bansos Kemensos akan mencari Nama PM sesuai wilayah yang diinputkan.

Laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ untuk cek status penerima bansos
Laman https://cekbansos.kemensos.go.id/ untuk cek status penerima BLT Rp 600 ribu (https://cekbansos.kemensos.go.id/)

Diketahui, BLT Rp 600 ribu disalurkan untuk tiga bulan sekaligus yaitu Januari, Februari, dan Maret 2024. Nominal besaran BLT yang dibagikan setiap bulan adalah Rp 200 ribu. Namun, karena akan dibagikan sekaligus dalam bulan Februari 2024, maka penerima akan mendapatkan BLT sebesar Rp 600 ribu.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, BLT Rp 600 ribu akan dievaluasi kembali untuk tiga bulan mendatang.

“BLT dengan judul Mitigasi Risiko Pangan untuk 3 bulan, itu akan dievalusasi tiga bulan lagi,” ujar Airlangga dalam konferensi pers, di Jakarta. BLT ini, kata Airlangga, untuk menggantikan BLT El Nino.

BLT Mitigasi Risiko Pangan disiapkan oleh pemerintah dalam rangka mengantisipasi lonjakan inflasi seiring dengan ada fenomena pergeseran musim panen serta hari besar keagamaan.

(Zs/Trbn)

 

 

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini