spot_img
Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Cara Bank DKI Mendigitalkan UMKM

KNews.id- PT Bank DKI terus menghadirkan solusi kebutuhan layanan perbankan digital bagi masyarakat, termasuk dukungan kepada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Untuk itu, Bank DKI melakukan berbagai strategi, salah satunya dengan pengembangan Teknologi Informasi (TI) sebagai upaya mendorong digitalisasi layanan perbankan.

“Pengembangan IT yang kami lakukan dilandaskan pada dukungan Bank DKI terhadap program-program pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan menghadirkan solusi kebutuhan layanan perbankan digital bagi masyarakat, termasuk dukungan kepada sektor UMKM,” ujar Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini dikutip Sabtu, 26 Februari.

- Advertisement -

Dengan tujuan mendorong penerapan inklusi keuangan serta memperluas akseptansi pembayaran digital, Bank DKI menghadirkan JakOne Abank untuk dapat mendigitalisasi transaksi para pelaku UMKM. JakOne Abank merupakan layanan perbankan tanpa kantor dimana Bank DKI hadir melalui Agen dengan menggunakan perangkat Mobile Point of Sale (MPOS) untuk pembayaran pajak dan retribusi, pembayaran tagihan.

“Dengan menjadi JakOne Abank, nasabah/pedagang yang menjadi Agen dapat melayani berbagai transaksi perbankan dari masyarakat dan mendapatkan komisi dari setiap transaksi,” ungkapnya.

- Advertisement -

Melalui JakOne Mobile, Bank DKI juga telah menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah pengguna untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal mulai dari bayar bermacam tagihan dan belanja online, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito secara online.

Selain JakOne Mobile, Bank DKI juga menyediakan JakCard, kartu prabayar yang selama ini sudah dipergunakan secara luas sebagai e-ticket berbagai moda transportasi layanan publik seperti TransJakarta, Mikro Trans, Angkot JakLingko, MRT Jakarta, LRT, hingga kereta bandara/Railink.

- Advertisement -

JakCard juga menjadi alat pembayaran utama di berbagai Kawasan Wisata yang dimiliki Pemprov. DKI Jakarta seperti Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Monas, Planetarium dan berbagai museum.

Bank DKI juga dipercaya menyalurkan berbagai program bantuan sosial seperti Bantuan Sosial Tunai (BST), Kartu Jakarta Pintar (KJP Plus), Kartu Lansia Jakarta (KLJ) dan Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) serta program Dasawisma.

Bank DKI juga telah menyiapkan sejumlah layanan e-channel melalui JakOne Community Apps. JakOne Community Apps hadir sebagai upaya untuk terus meningkatkan layanan perbankan digital kepada berbagai komunitas di DKI Jakarta dan sekitarnya. JakOne Community Apps merupakan ekosistem layanan perbankan digital yang terdiri dari JakOne Mobile, JakOne Abank, JakOne Erte, JakOne Artri, Ancol Apps hingga Si Ondel.

“Dengan visi menjadi Bank pilihan untuk Jakarta yang maju dan sejahtera, Bank DKI berharap berbagai inovasi digital tersebut dapat memberikan kenyamanan, kemudahan dan melengkapi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan digital,” ucapnya.

Atas kinerjanya dalam meningkatkan inovasi teknologi tersebut, Bank DKI pun berhasil meraih penghargaan Indonesia IT Award 2022. Dalam penghargaan yang digelar secara virtual tersebut, Bank DKI menerima Gold Award pada kategori The Best IT for Bank Company (Regional Development Bank).

Herry Djufraini menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dan memberikan dukungan sehingga Bank DKI dapat menerima penghargaan tersebut.

Sebagaimana diketahui, penghargaan Indonesia IT Award 2022 diberikan kepada perusahaan yang mampu merencanakan, mengimplementasikan, memantau serta mengevaluasi dan terus memperbaiki usahanya secara strategis terkait pemanfaatan IT dalam mencapai tujuan perusahaan serta memberikan nilai tambah dan layanan bagi para pemangku kepentingannya. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini