spot_img
Rabu, Juni 26, 2024
spot_img

Cak Imin Minta Gus Yusuf Tolak Tawaran jika Hanya Diusung Jadi Wagub di Pilkada Jawa Tengah

KNews.id- Jakarta , Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB berencana mengusung Muhammad Yusuf Chudlori alias Gus Yusuf di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jawa Tengah 2024. Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, memastikan, PKB bakal mengusung Gus Yusuf sebagai calon gubernur dan bukan wakil gubernur.

Cak Imin mengklaim, dia telah meminta Gus Yusuf untuk menolak jika ada tawaran yang meminta hanya menjadi wakil gubernur. “Saya sudah sampaikan ke Gus Yusuf  kalau hanya cawagub tidak usah maju. Kalau wagub, kasih orang lain saja,” ujar Cak Imin saat ditemui Tempo di Rumah dinas Widya Chandra, Jakarta Selatan.

- Advertisement -

Cak Imin menjelaskan, mengenai peta politik di Jawa Tengah, beberapa nama yang berpeluang maju di Pilkada Jateng, yaitu Gus Yusuf dan Bambang Pacul. Dari nama-nama yang beredar, Cak Imin mengklaim, elektabilitas Gus Yusuf paling tinggi.

“Makanya kami tidak akan ambil apabila hanya menjadi wagub. Kalau koalisi memaksa kami menjadi wagub, ya jangan. Gus Yusuf juga kami larang,” kata dia.

- Advertisement -

Cak Imin mengklaim, PKB telah melakukan survei internal PKB. Hasilnya, Gus Yusuf memiliki elektabilitas yang paling tinggi di antara calon lain. Hasil itu juga sama dengan survei yang dilakukan lembaga lainnya. “Jadi kalau peluang Gus Yusuf hampir tidak ada saingannya. Tinggal mencari perahu yang kurang sama pasangan calon atau wakil gubernurnya,” ucap Cak Imin.

Ditanya apakah partai-partai lain sudah ada yang mendekat untuk berkoalisi untuk mendukung Gus Yusuf, Cak Imin menjawab tidak tahu. “Itu kami serahkan di daerah,” kata dia.

- Advertisement -

(Zs/Tmp)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini