spot_img
Selasa, April 23, 2024
spot_img

Cadangan Devisa Indonesia Turun Menjadi US$144,9 M

KNews.id- Bank Indonesia (BI) mencatat cadangan devisa nasional masih tetap tinggi per Desember 2021, mencapai US$144,9 Miliar. Meskipun angkanya menurun dibandingkan November, cadangan devisa masih terhitung kuat.

“Penurunan posisi cadangan devisa pada Desember 2021 antara lain dipengaruhi oleh kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah,” jelas Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Erwin Haryono pada keterangannya, Jumat, 7 Januari.

- Advertisement -

Posisi cadangan devisa saat ini setara dengan pembiayaan 8,0 bulan impor atau 7,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Angka ini berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

- Advertisement -

“Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” ucap Erwin. (Ade)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini