spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

Buwas: Stok Beras Nasional Aman!

KNews.id- Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (buwas) mengungkapkan bahwa per Ahad (28/3), stok beras nasional aman karena sudah mencapai 1 juga ton atau batas aman cadangan beras pemerintah.

Dijelaskan Buwas, hampir sebulan penuh pihaknya memantau pelaksanaan penyerapan gabah beras petani pada musim panen raya tahun ini. Perseroan ingin memastikan agar produksi petani bisa terserap penuh oleh pihaknya.

- Advertisement -

“Setelah berminggu-minggu semua Direksi Buloh turun ke sawah untuk memantau dan memastikan penyerapan produksi petani dalam negeri, perhari ini stok beras Bulog sudah tembus satu juta ton,” ujarnya dalam keteranganya, Ahad (28/3).

Buwas juga menerangkan bahwa realisasi penyerapan yang dilakukan perseroan sampai dengan akhir maret tahun ini lebih tinggi dibandingkan dengan dua tahun sebelumnya. Sampai dengan 26 Maret 2021, perseroan sudah menyerap sebanyak lebih dari 180 ribu ton setara beras produksi dalam negeri dari seluruh Indonesia.

- Advertisement -

Adapun serapan harian Bulog pada tahun ini rata-rata sudah mencapai 10 ribu ton per hari. Angka ini akan cenderung meningkat lagi dalam beberapa minggu ke depan. Buwas justru mempertanyakan berbagai komentar miring yang menganggap Bulog tidak mampu melakukan penyerapan beras dengan baik.

“Yang menganggap Bulog tidak mampu melakukan penyerapan itu apa indikatornya? Mari bicara pakai data dan menggunakan pola berpikir system thinking bukan fatalistis. Jadi melihat suatu persoalan itu harus secara menyeluruh dan saling terkait. Jangan jumping conclusion,” ucapnya.

- Advertisement -

Diakui Buwas, pihaknya siap terus menyerap beras produksi petani. Hal ini merupakan instruksi langsung dari Presiden Joko Widodo yang sekaligus mengatakan tidak ada impor beras hingga Juni 2021 mendatang. (Ade/Idx)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini