spot_img
Sabtu, April 27, 2024
spot_img

Bursa Teranyar Capres PDIP: Puan hingga Ganjar

KNews.id – PDI Perjuangan (PDIP) membeberkan kader terbaik potensial dan layak maju menjadi calon presiden (capres) di 2024. Empat kader yang layak dianggap PDIP maju capres 2024 adalah: Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini, dan Abdullah Azwar Anas.

Sosok-sosok kader PDIP terbaik ini muncul di unggahan akun Instagram PDIP, @pdiperjuangan, seperti dilihat, Selasa (9/8). Unggahan itu mengutip pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

- Advertisement -

“Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan hingga saat ini partai berlambang kepala banteng tersebut belum menentukan sosok yang akan menjadi calon presiden (capres) 2024, sebab pemilihan calon sedang diproses,” tulis unggahan itu.

Hasto mulanya mengatakan PDIP masih belum menentukan capres yang akan diusung hingga saat ini. Pernyataan Hasto ini disampaikan kepada wartawan, Minggu (7/8) lalu.

- Advertisement -

Hasto kemudian menyebutkan 4 kader terbaik tersebut. Mereka adalah Ketua DPR RI Puan Maharani, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Mensos Tri Rismaharini, dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa (LKPP) Abdullah Azwar Anas.

“Jadi kalau kita lihat di PDI Perjuangan ini kan banyak tokoh-tokoh yang berkaliber di tingkat nasional, ya. Tadi disebutkan misalnya Mbak Puan sebagai Ketua DPR RI, kemudian ada Bu Risma, ada kemudian Pak Ganjar, ada Pak Anas. Bahkan Pak Anas ini sebagai kepala LKPP membuat banyak terobosan yang membanggakan PDI perjuangan dalam kepemimpinan Pak Anas, misalnya,” kata Hasto.

- Advertisement -

Hasto mengatakan semua kader didorong untuk fokus unjuk kinerja. Menurutnya, kerja untuk bangsa nantinya akan mendapat apresiasi dari rakyat. Dari situlah, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri akan menilai.

“Semua unjuk kinerja. Itu yang harus dilakukan oleh seluruh kader partai dari PDI perjuangan. Unjuk kinerja, maka siapa yang bekerja dan mengangkat harkat martabat bangsa di situ rakyat akan memberikan apresiasi. Nah itulah yang nanti akan dinilai oleh Ibu Megawati,” ujarnya.

Berdasarkan hasil dua lembaga survei yang dirilis pada Juni, kader PDIP yang elektabilitasnya tertinggi adalah Ganjar Pranowo, disusul Puan Maharani, dan Risma. Sementara nama Azwar Anas tak muncul.

Berikut hasil surveinya:

Survei LSI Denny JA
Lembaga survei LSI Denny JA merilis survei elektabilitas capres pada Pilpres 2024 pada Juni lalu. Hasilnya, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan menjadi tiga besar.

Survei LSI Denny JA menggunakan metodologi multistage random sampling, jumlah responden ada 1.200 responden. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini +- 2,9 persen, waktu riset dilengkapi riset kualitatif pada 24 Mei hingga 7 Juni 2022.

“Kita memotret kira-kira siapa sebenarnya secara elektabilitas yang paling tinggi elektabilitasnya penerimaan masyarakatnya di survei terbaru kita, kita tahu bahwa ini ada 10 capres yang kita uji mulai dari Pak Prabowo sampai dengan Pak Moeldoko dan ini adalah hasilnya dan Prabowo Subianto ini masih menjadi yang terunggul di angka 28,9 persen,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam konferensi pers yang digelar virtual, Selasa (13/6). (OZ/DE)

 

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini