spot_img
Sabtu, Februari 24, 2024
spot_img

BUMN Percetakan Rupiah Dapat Tugas Baru dari Jokowi

KNews.id – Perusahaan pelat merah pencetak uang Rupiah, Perum Peruri mendapatkan tugas baru dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Tugas baru tersebut adalah penyelenggaraan aplikasi super layanan publik alias Aplikasi Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Prioritas.

Tugas baru Jokowi ke Peruri tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2023 tentang Percepatan Transformasi Digital dan Keterpaduan Layanan Digital Nasional yang diteken Jokowi secara langsung pada 18 Desember 2023 kemarin.

- Advertisement -

“Pemerintah sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat 1 menugaskan Perum Peruri untuk penyelenggaraan Aplikasi SPBE Prioritas,” tulis pasal 3 beleid tersebut.

Dalam aturan itu disebutkan Perum Peruri wajib melakukan identifikasi permasalahan penyelenggaraan Aplikasi SPBE Prioritas, pendalaman kebutuhan Pengguna SPBE, dan perancangan solusi tepat guna untuk aplikasi SPBE.

- Advertisement -

Lalu, pembentukan aplikasi SPBE Prioritas ini dapat berupa aplikasi yang baru dibentuk pemerintahan ataupun aplikasi layanan pemerintah yang sudah ada, beroperasi, dan dikembangkan menjadi bentuk baru.

Bila nantinya aplikasi yang sudah ada akan dikembangkan minimal aplikasi itu memiliki 200 ribu pengguna. Nantinya peluncuran aplikasi SPBE Prioritas ini bakal dilakukan paling lambat Triwulan III 2024.

Adapun beberapa tugas yang mesti diselesaikan Peruri soal penyelenggaraan Aplikasi SPBE Prioritas adalah sebagai berikut:

a. perencanaan penyelenggaraan Aplikasi SPBE Prioritas

b. pembangunan dan pengembangan Aplikasi SPBE Prioritas

c. pengintegrasian Aplikasi SPBE Prioritas

d. pengoperasian Aplikasi SPBE Prioritas

e. keamanan Aplikasi SPBE Prioritas

f. distribusi dan diseminasi informasi soal aplikasi SPBE Prioritas

g. pemeliharaan Aplikasi SPBE Prioritas

h. pengelolaan infrastruktur SPBE yang mendukung Aplikasi SPBE Prioritas

(Zs/Dtk)

- Advertisement -

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini