spot_img
Sabtu, Mei 4, 2024
spot_img

Bulan Rajab 1445 H, Berikut Doa Bulan Rajab

KNews.id – Malam ini umat Islam akan memasuki 1 Rajab 1445 hijriah. Untuk menyambut bulan Rajab umat Islam bisa mengamalkan doa ini. Simak lafaz bacaan doa memasuki bulan Rajab 1445 Hijriyah dan waktu membacanya. Berdasarkan penanggalan Hijriyah yang telah ditetapkan Kemenag, 1 Rajab bertepatan dengan hari Sabtu 13 januari 2024.

Artinya malam 1 Rajab jatuh pada Jumat 12 Januari pukul 18.00 atau selepas maghrib. Amalan yang baik untuk dikerjakan mengawali pergantian bulan dalam kalender Islam yakni membaca doa.

- Advertisement -

Doa ini bisa dilafadzkan ketika memasuki detik-detik pergantian bulan dar Jumadil Akhir menuju 1 Rajab. Selain itu amalan doa di bulan rajab dan syaban menjelang Ramadhan ini bisa juga diamalkan setiap menyelesaikan shalat fardhu lima waktu selama bulan Rajab.

Doa tersebut mengandung harapan agar diberkahi selama bulan Rajab hingga Syaban dan dipanjangkan umur agar bisa melaksanakan ibadah puasa penuh di bulan yang dirindukan yakni bulan Ramadhan.

- Advertisement -

Doa Bulan Rajab

Satu di antara doa yang dianjurkan di bulan Rajab yakni sebagai berikut :

- Advertisement -

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِى رَجَبٍ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Artinya:

“Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Syaban, dan sampaikanlah (umur) kami kepada bulan Ramadhan.” (HR. Ahmad).

Awal tahun 2023 ini menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam, yakni bukan Rajab. Pada bulan Rajab, Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra Mi’raj dan mendapatkan perintah untuk melaksanakan salat 5 waktu yang harus dilakukan oleh umatnya.

Di sisi lain, saat menyambut bulan bulan, termasuk bulan Rajab, Rasulullah SAW mengajarkan membaca doa pergantian bulan. Terutama ketika melihat hilal (bulan baru) pada malam harinya. Adapun keutamaan membaca doa pergantian bulan ini sebagai bentuk rasa syukur.

Dalam Islam, sebenarnya setiap waktu, detik demi detik maupun bulan demi bulan adalah waktu berharga yang perlu disyukuri. Oleh karenanya, dianjurkan memanjatkan doa setiap menjelang pergantian bulan.

Doa Pergantian Bulan

Berikut doa pergantian bulan yang dapat dipanjatkan seperti menyambut bulan Rajab.

الله اكبر الله اكبر الله اكبر الحمد لله الذي ذهب بشهر كذا وجاء بشهر كذا

Allahu akbar, allahu akbar, allahu akbar. Alhamdulillahil ladzii dzahaba bi syahri kadzaa wa jaa-a bi syahri kadzaa.

Artinya:

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan bulan ini (sebutkan nama bulannya) dan telah mendatangkan bulan ini (sebutkan nama bulan yang baru).”

Doa pergantian bulan ini diambil dalam kitab Al Adabus Syariyah, Imam Ibn Muflih Al Maqdisi.

Keistimewaan bulan Rajab bahkan disebutkan dalam Al-Qur’an surat At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَ بِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَ وَ تِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَ لِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ وَقَ تِلُوا ٱلْمُشْرِكِينَ كَا فَّةً كَمَا يُقَ تِلُونَكُمْ كَا فَّةً وَٱعْلَمُو ا أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Inna ‘iddatasy-syuh ri ‘indallāhi nā ‘asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-ar a min-hā arba’atun urum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā ta lim fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātil nakum kāffah, wa’lamū annallāha ma’al-muttaqīn

Artinya:

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram.

Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.”

(Zs/Trbn)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini