spot_img
Jumat, April 26, 2024
spot_img

Buku Karya Julius Pour: Soekarno Memarahi Brigjen Soepardjo Ketika PKI Kalah pada Tahun 1965

KNews.id- Buku karya Julius Pour berjudul “G30S, Fakta atau Rekayasa”, penerbit Gramedia, halaman 261) mengungkapkan kemarahan Soekarno kepada Brigjen Soepardjo ketika diberi tahu PKI gagal melakukan kudeta.

Dalam buku itu disebutkan, Bambang Supeno, Komandan Batalyon 530/Para, pasukan G30S/PKI, pada kesempatan lain mengungkapkan setelah Brigjen Soepardjo membuat laporan setelah peristiwa G30S/PKI.

- Advertisement -

Soekarno meluapkan kemarahan dan menampar Soepardjo seraya mengucapkan umpatan serta rasa kesalnya, “jenderal tai…mengapa kita bisa kalah?”

Padahal Soekarno sempat memuji Brigjen Soepardjo ketika orang nomor satu di Indonesia itu tiba di Halim pada tanggal 1 Oktober 1965. Soekarno menepuk-nepuk bahu Brigjend Soepardjo dan mengatakan: “Je hebt goed gedaan, Kenapa Nasution kok lolos?” (Anda telah melakukan dengan baik. Kenapa Nasution kok lolos?).

- Advertisement -

Pernyataan Soekarno yang memuji Brigjen Soepardjo bisa dilihat di Berkas Acara Pemeriksaan atas nama Bambang Widjanarko di Antonie C.A. Dake, Sukarno File, Kronologi Suatu Keruntuhan.

Dikutip dari Wikipedia Brigjen Mustafa Sjarief Soepardjo atau Soepardjo (23 Maret 1923 – 16 Mei 1970) adalah Komandan TNI Divisi Kalimantan Barat yang memiliki peran penting dalam peristiwa Gerakan 30 September 1965.

- Advertisement -

Menjelang 30 September, Brigjen Soepardjo terbang dari Kalimatan khusus ke Jakarta untuk ikut serta dalam gerakan September 1965 tersebut. Dia yang melaporkan penangkapan jenderal-jenderal kepada Soekarno. (AHM/SN)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini