spot_img
Sabtu, Mei 18, 2024
spot_img

Bukit Asam dan Pertamina Tandatangani Kesepakatan Hilirisasi Batu Bara Menjadi Methanol

Menteri BUMN: Erick Tohir, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko, Pertamina: Heru Setiawan, Direktur Utama, PT Bukit Asam Tbk: Arviyan Arifin dan Wakil Menteri BUMN: Budi Gunadi Sadikin.

KNews.id-PT Bukit Asam Tbk dan PT Pertamina (Persero) menandatangani perjanjian kerjasama hilirisasi batu bara untuk kemudian diubah menjadi methanol. Perjanjian ini ditandatangani oleh Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin dengan Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati di Kementerian BUMN dengan disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, Jumat (20/3).

- Advertisement -

Melalui kerjasama ini, nantinya Bukit Asam akan mengolah batu bara kalori rendah menjadi Methanol untuk disupply ke Pertamina guna keperluan program Pertamina Gasoline A20. Bukit Asam akan melakukan hilirisasi batu bara menjadi Methanol di area wilayah tambangnya untuk kemudian menyuplai Methanol sebanyak 1 juta ton per tahun ke Pertamina.

Rencananya, produksi hilirisasi ini akan dimulai pada pertengahan hingga akhir 2024. Sebelumnya, kedua perusahaan ini akan bersama-sama untuk melakukan kajian pengembangan proyek serta feasibility study. Hilirisasi batu bara menjadi Methanol ini akan mendukung program pemerintah untuk mengurangi import gasoline atau BBM Premium.(Fahad Hasan) 

- Advertisement -

Artikulli paraprak
Artikulli tjetër

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini