spot_img
Senin, Mei 6, 2024
spot_img

Bukan Rp10.000, Ternyata Segini Harga Keekonomian Pertalite

KNews.id-Pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis bensin Pertalite (RON 90) dan Solar subsidi pada 3 September 2022 lalu.

Harga bensin Pertalite kini dijual sebesar Rp 10.000 per liter dari sebelumnya Rp 7.650 per liter. Lalu, harga Solar subsidi naik menjadi Rp 6.800 per liter dari Rp 5.150 per liter.

- Advertisement -

Kendati demikian, harga jual bensin Pertalite saat ini ternyata masih lebih rendah dari harga keekonomiannya, sehingga masih disubsidi oleh pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, harga keekonomian Pertalite saat ini sebesar Rp 14.450 per liter.

- Advertisement -

Sebagai perbandingan, harga jual bensin setara Pertalite yang dijual penyalur BBM swasta seperti BP-AKR kini mencapai Rp 15.320 per liter, lebih mahal dari yang disebutkan Sri Mulyani. Harga BP 90 ini hanya berbeda Rp 100 per liter dari BP 92 atau bensin setara Pertamax di Pertamina. BP-AKR menjual BP 92 pada harga Rp 15.420 per liter.

Adapun harga jual Pertamax saat ini juga dinaikkan menjadi Rp 14.500 per liter dari sebelumnya Rp 12.500 per liter.

- Advertisement -

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, keputusan menaikkan harga BBM bersubsidi ini merupakan pilihan terakhir pemerintah, sehingga bisa mengalihkan subsidi BBM.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga harga beberapa jenis BBM yang selama ini subsidi akan alami penyesuaian,” kata Jokowi dalam Konferensi Pers Presiden Jokowi dan Menteri Terkait perihal Pengalihan Subsidi BBM ditayangkan akun Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (3/9/2022).

Jokowi mengatakan, anggaran subsidi pemerintah sudah meningkat 3 kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,4 triliun dan itu akan meningkat terus. Lebih dari 70% subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil pribadi.

“Mestinya uang pemerintah itu diberikan untuk subsidi bagi masyarakat kurang mampu. Subsidi harus menguntungkan masyarakat kurang mampu,” kata Jokowi. (Ach/Cnbcind)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini