spot_img
Minggu, Mei 5, 2024
spot_img

Bukan Hanya Email Yang Hilang, Tapi Google Juga Hapus Gmail

KNews.id – Google memutuskan untuk menghapus akun Gmail yang tidak aktif dalam dua tahun terakhir. Namun keputusan ini tidak hanya berdampak pada layanan email saja.

Kebijakan itu juga berlaku pada seluruh ekosistem Google Workspace, yakni Docs, Driver, Meet dan Calendar. Youtube dan Google Photos yang tak aktif dalam periode yang sama juga akan dihapus.

- Advertisement -

Penghapusan akun tersebut akan dilakukan pada akhir 2023 mendatang. Google juga menjanjikan akan mengirimkan pemberitahuan lebih dulu bagi mereka yang akan terdampak dengan kebijakan ini.

“Mulai akhir tahun ini, jika ada akun Google yang tak digunakan atau tak sign in selama 2 tahun, kami akan menghapus akun beserta konten di dalamnya,” kata Google dalam dalam keterangan resmi.

- Advertisement -

ada sejumlah data yang menghilang nanti setelah kebijakan itu diterapkan. Berikut rangkumannya, Rabu (31/5)

1. Kehilangan Google Photo

- Advertisement -

Pengguna yang mengandalkan Google Photo akan kehilangan seluruh data di dalamnya, seperti video dan foto. Untuk menghindarinya, segera selamatkan file-file tersebut. Caranya dengan login ke akun lama dan unduh seluruh isinya.

2. File Google Drive Untuk Publik

File di Google Drive dari akun Google yang tidak digunakan juga akan menghilang. Segera download file-file tersebut untuk tetap memilikinya.

Caranya unduh file dan unggah ke akun sendiri dan bagikan dengan orang lain. Jadi Anda tetap bisa memastikan akses ke file-file tersebut di masa depan.

3. Kehilangan Akses ke Akun Layanan Lain

Kebijakan ini juga akan berdampak pada layanan yang menggunakan Single Sign-on. Misalnya berlangganan Spotify dengan akun lama maka kemungkinan akses akan hilang saat Gmail dihapus.

4. Tidak Bisa Kirim Email ke Akun Lama

Orang lain juga tidak bisa mengirimkan email ke akun lama. Forward email dari alamat lama ke akun baru juga berisiko email penting hilang. (Fhd/CNBC)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini