spot_img
Kamis, Mei 2, 2024
spot_img

Bukan Demam, Ini Lima Gejala Omicron yang Banyak Dikeluhkan!

KNews.id- Virus Covid varian Omicron masih mendominasi kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia. Tak seperti varian terdahulu, yakni Delta, di mana pasien banyak mengalami gejala demam dan kehilangan penciumam. Pasien Omicron justru sangat sedikit yang mengeluhkan demam dan penciuman tetap normal.

Penderita Covid-19 varian Omicron umumnya memiliki gejala seperti terkena penyakit pilek atau flu. Indikasi seperti sakit kepala atau hidung yang mengeluarkan lendir menjadi dua ciri utama.

- Advertisement -

“Hidung meler dan sakit kepala adalah gejala dari banyak infeksi, tetapi mungkin juga merupakan gejala pertama – dan satu-satunya gejala – dari Covid. Oleh karena itu, jika Anda memiliki gejala-gejala ini, saya menganjurkan untuk melakukan tes,” kata ilmuwan dalam studi ZOE Covid, Prof Tim Spector.

Untuk lebih waspada lagi, berikut 5 gejala varian Omicron yang paling banyak dikeluhkan pasien:

- Advertisement -
  1. Sakit Kepala

Menurut penelitian ZOE, sakit kepala menjadi gejala Omicron yang lebih umum dibandingkan gejala klasik dari COVID-19 yaitu demam dan kehilangan kemampuan indra penciuman. Studi tersebut menunjukkan bahwa sakit kepala akibat Covid-19, termasuk varian Omicron, cenderung terasa nyeri sedang hingga berat. Rasanya seperti ditekan, berdenyut, atau menusuk yang terjadi di kedua sisi kepala. Kondisi ini bisa terjadi selama lebih dari tiga hari dan cenderung menjadi resisten terhadap obat penghilang rasa sakit biasa.

  1. Pilek

Pilek juga menjadi salah satu gejala yang paling sering dikeluhkan pasien Omicron. Namun, pilek juga mungkin disebabkan oleh virus lain atau karena alergi. Hal inilah yang membuat banyak pasien COVID-19 sulit membedakan apakah itu pilek karena gejala Corona atau bukan. Karena itu, dibutuhkan tes lab untuk memastikannya.

- Advertisement -
  1. Bersin
    Sebelumnya, bersin kurang umum dikeluhkan orang sebagai gejala dari virus Corona varian Delta. Namun, berdasarkan penelitian ZOE bersin ternyata menjadi salah satu gejala COVID-19 pada orang yang sudah divaksinasi.
  2. Sakit Tenggorokan

Banyak pasien COVID-19 Omicron juga mengeluhkan gejala sakit tenggorokan. Gejalanya mirip seperti saat seseorang mengalami pilek atau radang tenggorokan.

Sakit tenggorokan akibat COVID-19 cenderung ringan dan berlangsung tidak lebih dari lima hari. Menurut data ZOE, hampir setengah dari pasien COVID-19 mengalami sakit tenggorokan. Gejala ini lebih sering terjadi pada orang dewasa berusia antara 18-65 tahun.

  1. Batuk terus-menerus

Gejala lainnya adalah batuk yang terus-menerus. Dalam konteks ini, ‘terus-menerus’ berarti batuk yang terjadi berkali-kali sehari, selama setengah hari atau lebih.

Batuk akibat COVID-19 biasanya tergolong batuk kering, tidak mengeluarkan dahak atau lendir. Batuk terus-menerus ini cenderung muncul sekitar beberapa hari setelah sakit dan biasanya berlangsung selama sekitar empat atau lima hari. (AHM/cnbc)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini