spot_img
Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Ali Ngabalin: Bukan Arab, Wali Songo Itu dari Bangsa RRC!

Sementara itu, kebanyakan sejarawan menyebut wali songo sebagian besar adalah kaum Sayyid atau Syarif (keturunan Nabi) berasal dari Hadramaut, Yaman. Ada pula yang menyebut keturunan Samarkand (Asia Tengah), Champa atau tempat lainnya, tapi bukan China. Muhammad al-Baqir dalam bukunya “Thariqah Menuju Kebahagiaan”, misalnya, mendukung bahwa wali songo adalah keturunan Hadramaut (Yaman).

Selain itu, LWC Van Den Berg, Islamolog dan ahli hukum Belanda yang mengadakan riset pada 1884-1886, dalam bukunya “Le Hadhramout Et Les Colonies Arabes Dans L’archipel Indien” (1886) mengatakan bahwa penyiaran agama Islam (ke Indonesia) adalah dari para Sayyid atau Syarif.

- Advertisement -

“Dengan perantara mereka agama Islam tersiar di antara raja-raja Hindu di Jawa dan lainnya. Selain dari mereka ini, walaupun ada juga suku­suku lain Hadramaut –yang bukan golongan Sayyid atau Syarif– tetapi mereka ini tidak meninggalkan pengaruh sebesar itu,” tulisnya.

Menurut Van Den Berg, pada abad ke­15, di Jawa sudah terdapat penduduk bangsa Arab atau keturunannya, yaitu sesudah masa kerajaan Majapahit yang kuat itu. Orang­orang Arab bercampur dengan penduduk, dan sebagian mereka mempuyai jabatan­-jabatan tinggi. Mereka terikat dengan pergaulan dan kekeluargaan tingkat atas.

Berita Lainnya

Direkomendasikan

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini