spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

BRIS Masuk Lagi di Jajaran Sepuluh Big Cap Terbesar

KNews.id- Nilai kapitalisasi 10 saham dengan market cap terbesar berubah pekan lalu, setelah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup melemah 0,76% di level 6.241,8 pada Jumat (26/2). Ada saham yang keluar dan ada yang masuk ke jajaran 10 besar.

Namun, sepanjang pekan lalu, IHSG masih menguat 0,16% dengan nilai perdagangan selama sepekan tercatat sebesar Rp 81,2 triliun. Investor juga masih memborong saham-saham di pasar reguler sebanyak Rp 1,02 triliun sepanjang pekan ini.

- Advertisement -

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), hingga akhir pekan lalu total dari 10 besar kapitalisasi pasar saham-saham big cap kembali turun menjadi Rp 3.077 triliun. Berdasarkan data di atas, mayoritas masih mengalami penurunan market cap, hanya 2 saham yang market cap-nya naik.

Seperti biasanya, posisi pertama masih diduduki oleh PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) sebagai dengan nilai market cap-nya sebesar Rp 819 triliun atau turun Rp 14 triliun dari pekan sebelumnya.

- Advertisement -

Selanjutnya, di posisi kedua masih juga dipegang oleh PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dengan nilai market cap-nya sebesar Rp 575 triliun atau turun Rp 10 triliun.

Sementara itu, market cap PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) dengan market cap PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) saling susul-menyusul dan berusaha memperebutkan posisi 10 besar big cap BEI.

- Advertisement -

Tercatat pada pekan lalu, market cap BRIS lebih unggul dari market cap EMTK dan berhasil menduduki posisi ke-9, sedangkan posisi EMTK berada diurutan ke-10. Adapun market cap BRIS dan EMTK sama-sama sebesar Rp 119 triliun.

Kapitalisasi pasar atau market cap adalah nilai pasar dari sebuah emiten, perkalian antara harga saham dengan jumlah saham beredar di pasar, semakin besar nilai market cap emiten maka pengaruh pergerakannya juga besar terhadap pergerakan IHSG.

Kenaikan harga saham BRIS membuat saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) keluar dari jajaran 10 besar saham dengan nilai kapitalisasi terbesar akhir pekan lalu. (Ade)

 

Sumber: CNBCIndonesia

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini