spot_img
Jumat, April 19, 2024
spot_img

BRI Sukses Menyalurkan Pinjaman Dana Pemerintah sebesar Rp136,7 Triliun ke Masyarakat

KNews.id- Emiten perbankan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) mengungkapkan berdasarkan data per 16 Desember 2020, perseroan telah berhasil memberikan subsidi bunga kredit bagi debitur UMKM senilai total Rp5,46 triliun. Jumlah tersebut setara 76,6% dari realisasi penyaluran subsidi bunga kredit bagi UMKM secara nasional yang berjumlah Rp7,12 triliun.

Direktur Utama BRI Sunarso, menjelaskan bahwa selain subsidi bunga kredit, perseroan juga sudah menyalurkan kembali (leverage) dana penempatan pemerintah di bank Himbara kepada para debitur yang membutuhkan. BRI mendapat penempatan dana pemerintah total sebesar Rp 15 triliun pada 2020.

“Dari penempatan tersebut, BRI berhasil menyalurkan pinjaman kepada nasabah senilai Rp136,7 triliun atau lebih dari 9 kali lipat nilai penempatan dana pemerintah,” jelas Sunarso.

Sejatinya, upaya yang dilakukan BRI merupakan langkah untuk menuntaskan peran strategisnya dalam implementasi program pemulihan ekonomi nasional (PEN) sepanjang 2020. Terutama soal realisasi dana PEN yang disalurkan kepada masyarakat, terutama pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Penyaluran subsidi bunga dan bantuan serta relaksasi lain yang masuk dalam program PEN telah dilakukan BRI secara optimal, transparan, dan cepat, didukung oleh kekuatan data, sistem dan people yang dimiliki perseroan,” imbuhnya. Ditambahkan Sunarso, BRI juga berupaya membantu para debitur terdampak pandemi Covid-19 dengan cepat dan mudah agar mereka bisa memiliki daya tahan, untuk kembali mengungkit kondisi usaha di periode pemulihan.

“Saat ini krisis yang terjadi adalah UMKM yang banyak terkena dampak pandemi. Untuk nasabah UMKM, kita BRI tidak bisa berbalik atau mundur, berhenti saja tidak boleh. Kita harus tetap ekspansi kepada UMKM, terutama mikro. Karena loan demand menurun maka harus dipicu dengan stimulus. Karena stimulus menjadi penting maka alokasi resources harus kita arahkan untuk menyampaikan stimulus itu supaya efektif sampai ke masyarakat sesuai dengan tujuannya,” pungkasnya.(AHM)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini