spot_img
Senin, April 29, 2024
spot_img

BRI dan Bank Mandiri Pimpin Bank asal Indonesia Paling Top se-Dunia

KNews.id- PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) menapaki peringkat 1.000 bank paling top sedunia. Bank yang dinakhodai Sunarso ini naik 16 tangga ke posisi 112, dan menjadi yang paling atas di antara bank asal Indonesia. 

Daftar Top 1.000 World Banks 2020 dirilis The Banker, yang dalam risetnya menyebut kenaikan BRI berkat peningkatan modal inti 19,2% menjadi US$14,2 miliar. Hal ini membuat posisi bank yang kuat di segmen UMKM ini mampu menyalip PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (Mandiri) yang tahun lalu masih 6 tangga di atasnya.

- Advertisement -

Mandiri sendiri kini mengekor di posisi 113, diikuti PT Bank Central Asia Tbk (BCA) di urutan 129 dan PT Bank Negara Indonesia  (Persero) Tbk (BNI) di posisi 180. Bank yang ditukangi Royke Tumilaar, Jahja Setiaatmadja dan Herry Sidharta tersebut masing-masing mencatatkan kenaikan modal inti sebesar 18,25%, 19,05% dan 19,12%.

Secara keseluruhan dari kinerja bank asal Indonesia, The Banker menyebut Indonesia telah mencapai pertumbuhan yang kuat debgan kenaikan modal inti sekitar 20% pada 2019 sesuai catatan bank dunia pada 2020. 

- Advertisement -

Jika dibandingkan dengan bank-bank regional, posisi BRI berada di atas CIMB Group asal Malaysia, juga dua bank asal Thailand yakni Bangkok Bank dan Kasikorn Bank.

Secara keseluruhan dalam daftar 1.000 bank paling top sedunia yang dirilis The Banker ini tahun ini, 23 Bank asal Indonesia mampu masuk peringkat global. PT Bank Bukopin Tbk menjadi bank asal Indonesia terakhir yang mampu masuk daftar bank paling top tersebut dengan menempati posisi 975. (FHD)

Berita Lainnya

Direkomendasikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Ikuti Kami

0FansSuka
0PengikutMengikuti
0PengikutMengikuti

Terpopuler

Terkini